Thursday, May 31, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Lima Belas


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 15

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

71. إِنَّ الْقَبْرَ أَوَّلُ مَنَازِلِ الْآخِرَةِ فَإِنْ نَجَا مِنْهُ فَمَا بَعْدَهُ أَيْسَرُ مِنْهُ وَإِن لَمْ يَنْجُ مِنْهُ فَمَا بَعْدَهُ أَشَدُّ مِنْهُ (الترمذي)

72. إِنَّ اللَّهَ أَجَارَكُمْ مِنْ ثَلَاثِ خِلَال أَنْ لَايَدْعُوَعَلَيْكُمْ نَبِيُّكُم ْفَتَهْلَكُواجَمِيعًا وَأَن ْلَايَظْهَرَأَهْلُ الْبَاطِلِ عَلَى أَهْلِ الْحَقِّ وَأَن ْلَاتَجْتَمِعُواعَلَى ضَلَالَةٍ ( رواه ابو داود)

73. إنَّ الله إِذَا حَرَّمَ عَلَى قَوْمٍ أَكْلَ شَيءٍ حَرَّمَ عَلَيهِمْ ثَمَنَهُ (رواه أبو داود).

74. إِنَّ اللَّهَ أَوْحَى إِلَيَّ أَنْ تَوَاضَعُوا حَتَّى لَا يَفْخَرَ أَحَدٌ عَلَى أَحَدٍ (رواه مسلم)

75. إِنَّ اللهَ حَيِيٌّ كَرِيْمٌ يَسْتَحْيِيْ مِنْ عَبْدِهِ إِذَا رَفَعَ إِلَيْهِ يَدَيْهِ أَنْ يَرُدَّهُمَا صِفْراً (أبو داود).

71. Sesungguhnya liang kubur adalah awal persinggahan akhirat. Jika seseorang selamat dari (siksaan)nya maka perjalanan selanjutnya akan lebih mudah. Namun jika ia tidak selamat dari (siksaan)nya maka (siksaan) selanjutnya akan lebih berat. (HR. Tirmidzi).

72. Sesungguhnya Allah melindungi kalian dari tiga hal : Bahwa nabi kalian tidak akan mendo’akan agar kalian musnah semuanya, ahlul bathil tidak akan pernah mengalahkan ahlul haqq dan kalian tidak akan bersatu atas kesesatan. (HR. Abu Daud).

73. Sesungguhnya bila Allah telah mengharamkan atas suatu kaum untuk memakan sesuatu, pasti Ia mengharamkan pula atas mereka hasil penjualannya. (HR. Abu Dawud).

74. Sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepadaku agar kalian bertawadhu (rendah hati), sehingga tak seorang pun menyombongkan diri kepada yang lain. (HR. Muslim).

75. Sesungguhnya Allah itu Maha malu lagi Dermawan. Dia malu jika ada hamba-Nya yang mengangkat kedua tangannya untuk berdoa kepada-Nya, lalu mengembalikan kedua tangannya dalam keadaan kosong. (HR. Abu Dawud).

Wednesday, May 30, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Empat Belas


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 14

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

66. إِنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌ خَضِرَةٌ وَإِنَّ اللَّهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيهَا فَيَنْظُرُ كَيْفَ تَعْمَلُونَ فَاتَّقُوا الدُّنْيَا وَاتَّقُوا النِّسَاءَ ( رواه مسلم)

67. إِنَّ الدُّنْيَا مَلْعُونَةٌ مَلْعُونٌ مَا فِيهَا إِلَّا ذِكْرُ اللَّهِ وَمَا وَالَاهُ وَعَالِمٌ أَوْ مُتَعَلِّمٌ (رواه الترمذي)

68. إِنَّ الرَّجُلَ إِذَامَاتَ بِغَيْرِمَوْلِدِه ِقِيسَ لَهُ مِنْ مَوْلِدِهِ إِلَى مُنْقَطَعِ أَثَرِهِ فِي الْجَنَّة (رواه النسائي)

69. إِنَّ الصَّدَقَةَ لَتُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ وَتَدْفَعُ مِيتَةَ السُّوءِ (رواه الترمذي)

70. إِنَّ الْعَبْدَ لَيُحْرَمُ الرِّزْقَ بِالذَّنْبِ يُصِيبُهُ (رواه احمد)

66. Sesungguhnya dunia itu manis dan hijau (indah mempesona), dan Allah menjadikan kalian sebagai khalifah (penghuni) di atasnya, kemudian Allah memperhatikan amalan kalian. Maka berhati-hatilah kalian terhadap dunia dan (godaan) wanita. (HR. Muslim).

67. Ketahuilah, sesungguhnya dunia ini terkutuk. Terkutuk apa-apa yang ada di dalamnya, kecuali (bila digunakan sarana untuk) mengingat Allah dan apa-apa yang menyertainya serta penyebar ilmu dan penuntut ilmu. (HR Tirmidzi).

68. Seorang (muslim) itu jika meninggal dunia bukan di tempat kelahirannya, maka akan diukur baginya (jarak) antara tempat kelahirannya sampai tempat penghabisan umurnya, (lalu diberi seluas itu pula, tempat kembalinya) di Surga. (HR. Nasai)

69. Sedekah itu dapat memadamkan murka Allah dan mencegah dari keadaan mati yang jelek. (HR. Tirmidzi)

70. Seorang hamba boleh jadi terhalang rizki untuknya karena dosa yang ia perbuat. (HR. Ahmad).

Tuesday, May 29, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Tiga Belas


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 13

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

61. إِنَّ أَطْيَبَ مَا أَكَلَ الرَّجُلُ مِنْ كَسْبِهِ (رواه أبو داود).

62. إِنَّ أَعْظَمَ الْمُسْلِمِينَ جُرْمًا مَنْ سَأَلَ عَنْ شَيْءٍ لَمْ يُحَرَّمْ فَحُرِّمَ مِنْ أَجْلِ مَسْأَلَتِهِ (رَوَاهُ البخاري)

63. إِنَّ أَعْمَالَكُمْ تُعْرَضُ عَلَى أَقَارِبِكُمْ وَعَشَائِرِكُمْ مِنَ الأَمْوَاتِ فَإِنْ كَانَ خَيْراً اسْتَبْشَرُوا بِهِ وَإِنْ كَانَ غَيْرَ ذَلِكَ قَالُوا اللَّهُمَّ لاَ تُمِتْهُمْ حَتَّى تَهْدِيَهُمْ كَمَا هَدَيْتَنَا. (رواه احمد)

64. إِنَّ أَفْضَلَ الْجِهَادِ كَلِمَةُ حَقٍّ عِنْدَ سُلْطَانٍ جَائِرٍ. (رواه أبو داود).

65. إِنَّ الأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلاَ دِرْهَمًا وَإِنَّمَا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَ بِهِ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ (رواه أبو داود)

61. Sesungguhnya yang paling baik dari makanan seseorang adalah hasil jerih payahnya sendiri. (HR. Abu Daud).

62. Sungguh sebesar besar kejahatan diantara kaum muslimin adalah orang yang mempermasalahkan hal yang tidak diharamkan, namun menjadi diharamkan sebab ia mempermasalahkannya (untuk kepentingan dirinya). (HR. Bukhari).

63. Sesungguhnya amal-amal kalian akan diperlihatkan kepada kawan-kawan kalian dan kerabat kalian yang sudah meninggal (dari kaum mukminin), jika amal-amal tersebut bagus maka bergembiralah mereka, jika mereka melihat sebaliknya mereka akan berkata: Yaa Allah “ janganlah engkau hinakan mereka,namun berilah hidayah sebagaimana engkau memberi hidayah kepada kami. (HR Tirmidzi).

64. Sesungguhnya jihad yang paling baik adalah menyerukan perkataan yang hak (kebenaran) kepada penguasa yang zalim. (HR. Hakim)

65. Sungguh para Nabi tidaklah mewariskan dinar maupun dirham (harta dan kekayaan), hanya saja mereka mewariskan ilmu. Maka barangsiapa yang mengambilnya (ilmu tersebut) berarti dia telah mengambil bagian warisan yang banyak. (HR. Abu Dawud).

Monday, May 28, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Duabelas


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 12

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

56. اِلْتَمِسُوا الرَّفِيقَ قَبْلَ الطَّرِيقَ وَالْجَارَ قَبْلَ الدَّارِ (رواه الطبراني)

57. اَلْخَالَةُ بِمَنْزِلَةِ اَلْأُمِّ (رواه البخاري).

58. اَلْمُؤْمِنُ يَأْكُلُ فِي مِعْيٍ وَاحِدٍ وَاْلُمنَافِقُ يَأْكُلُ فِي سَبْعَةِ اَمْعَاءٍ (رواه البخاري).

59. إِنَّ أَخْوَفَ مَا أَخَافُ عَلَيْكُمْ الشِّرْكُ الأَصْغَرُ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا الشِّرْكُ الأَصْغَرُ قَالَ الرِّيَاءُ (رواه احمد)

60. إنَّ أشدَّ النَّاسِ عَذابًا عندَ اللَّهِ يومَ القيامةِ المُصَوِّرُونَ. (رواه البخاري)

56. Pilihlah tetangga sebelum menentukan untuk berdomisili di suatu tempat dan pilihlah teman perjalanan sebelum menentukan arah perjalanan. (HR. Thabrani).

57. Bude atau bibi itu menduduki kedudukan ibu (setelah wafat). (HR. Bukhori).

58. Orang mukmin itu makan dengan (jatah) satu perut, tetapi orang munafiq itu makan dengan (jatah) tujuh perut. (HR. Bukhari).

59. Sesuatu yang paling aku khawatirkan kepada kalian adalah perbuatan syirik kecil. Para shahabat bertanya: Ya Rasulullah, apakah syirik kecil itu? Beliau menjawab: riya. (HR. Ahmad).

60. Orang yang paling keras adzabnya di hari kiamat, di sisi Allah, adalah pelukis (pembuat patung makhluk bernyawa). (HR. Bukhori).

Sunday, May 27, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Sebelas


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 11

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

51. أَكْثَرُ خَطَايَا إِبْنِ آدَمَ فِي لِسَانِهِ (رواه الطبراني)

52. أَكْثَرُ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ النارَ اَلْأَجْوَفَانِ: اَلْفَمُ وَالْفَرْجُ. (رواه الترمذي)

53. أَكْثِرُوْا ذِكْرَ هَاذِمِ اللَّذَّاتِ يَعْنِي الْمَوْتَ. (رواه الترمذي)

54. أَكْمَلُ المُؤْمِنِيْنَ إِيْمَاناً أَحْسَنُهُمْ خُلُقاً (رواه أحمد)

55. اَلأَكْبَرُ مِنَ الإِخْوَةِ بِمَنْزِلَةِ الأَبِّ (رواه البيهقي)

51. Banyak kesalahan yang dilakukan oleh manusia karena mulutnya. (HR. Thabrani)

52. Hal yang paling banyak memasukkan manusia ke neraka adalah dua rongga: mulut dan kemaluan (HR Tirmidzi).

53. Perbanyaklah kalian mengingat pemutus kelezatan, yakni kematian. (HR. Tirmidzi).

54. Orang mukmin yang paling sempurna imannya, adalah orang yang paling baik akhlaknya. (HR. Ahmad).

55. Kakak (saudara tertua) menempati kedudukannya Bapak. (HR. Baihaqi).

Saturday, May 26, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Sepuluh


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 10

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

46. اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَصِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَغِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَفَرَاغَكَ قَبْلَ شَغْلِكَ وَحَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ (رواه الحاكم)

47. اُغْدُ عَالِمًا أَوْ مُتَعَلِّمًا أَوْ مُسْتَمِعًا أَوْ مُحِبًّا وَلا تَكُنِ الْخَامِسَ فَتَهْلِكَ. (رواه البيهقي)

48. أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ (رواه مسلم)

49. اِقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ. (رواه مسلم)

50. أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا فِيْهِ الدُّعَاءَ (رواه مسلم)

46. Manfaatkanlah lima perkara sebelum datangnya lima perkara yang lain: (Manfaatkan) masa mudamu sebelum datang masa tuamu, masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, masa kayamu sebelum masa fakirmu, masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, masa hidupmu sebelum datang masa matimu. (HR. Hakim).

47. Jadilah kamu orang paham ilmu, orang yang belajar ilmu, orang yang mendengarkan ilmu, orang yang senang ilmu, janganlah kamu menjadi orang yang kelima (bukan salah satu dari mereka), maka kamu akan celaka. (HR. Baihaqi).

48. Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, yaitu Muharram. Sedangkan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam. (HR. Muslim)

49. Bacalah Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya. (HR. Muslim)

50. Yang terdekat seorang hamba dari Rabb-nya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah doa (saat sujud). (HR. Muslim).

Friday, May 25, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Sembilan


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 9

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

41. الاِسْتِحْيَاءَ مِنَ اللَّهِ حَقَّ الْحَيَاءِ أَنْ تَحْفَظَ الرَّأْسَ وَمَا وَعَى وَتَحْفَظَ الْبَطْنَ وَمَاحَوَى (رواه ابن ماجه)

42. أَسْعَدُ النَّاسِ بِشَفَاعَتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَنْ قَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ خَالِصًا مِنْ قَلْبِهِ أَوْ نَفْسِهِ (رواه البخاري)

43. اعْبُدُوا الرَّحْمَنَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَأَفْشُوا السَّلاَمَ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِالسَّلاَمِ (رواه الترمذي)

44. أَعْطِ الأَجِيرَ أَجْرَهُ، قَبْلَ أَنْ يَجِفَّ عَرَقُهُ. (رواه ابن ماجه)

45. أَعْماَرُ أُمَّتِي بَيْنَ سِتِّيْنَ وَ سَبْعِيْنَ وَأَقَلُّهُمْ مَنَ يُجاَوِزُ عَلَى ذَلِكَ (رواه الترمذي)

41. Malu kepada Allah dengan sebenar-benarnya adalah menjaga kepala dan anggota badan yang terletak di kepala, menjaga perut dan anggota badan yang berhubungan dengan perut. (HR. Ibnu Majah).

42. Orang yang paling beruntung mendapat syafa’atku di hari kiamat adalah yang mengucapkan Laa ilaaha illallah (Tiada Tuhan Selain Allah), ikhlas dari hatinya atau dari dirinya. (HR. Bukhari).

43. Sembahlah Yang Maha Pengasih, berikanlah makan, sebarkanlah salam, (niscaya) kalian akan masuk surga dengan selamat. (HR. Tirmidzi).

44. Berilah upah karyawan / kuli sebelum kering keringatnya. (HR. Tirmidzi).

45. Usia umur umatku itu antara 60 – 70 tahun, dan akan sedikit sekali orang yang melewati umur segitu. (HR. Tirmidzi).

Thursday, May 24, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Delapan


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 8

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

36. إِذَاحَضَرتُمُ المَرِيضَ أَوالمَيِّتَ فَقُولُواخَيْرًافَإنَّ المَلائِكَةَ يُؤَمِّنُونَ عَلَى مَاتَقُولُونَ. (رواه مسلم)

37. إذَاخَرَجَ ثَلاثَةٌ فِي سَفَر ٍفَلْيُؤَمِّرُوا عَلَيْهِمْ أَحَدَهُمْ (رواه أبو داود)

38. أَرْبَعٌ مِنْ سُنَنِ الْمُرْسَلِينَ الْحَيَاءُ وَالتَّعَطُّرُ وَالسِّوَاكُ وَالنِّكَاحُ. (رَوَاهُ التِّرْمِذِي).

39. الأَرْوَاحُ جُنُودٌ مُجَنَّدَةٌ فَمَا تَعَارَفَ مِنْهَا ائْتَلَفَ وَمَا تَنَاكَرَ مِنْهَا اخْتَلَفَ.(رواه البخاري)

40. اِزْهَدْ فِى الدُّنْيَا يُحِبَّكَ اللَّهُ وَازْهَدْ فِيمَا فِى أَيْدِى النَّاسِ يُحِبُّوكَ (رواه ابن ماجه).

36. Jika kalian mendatangi orang sakit atau orang meninggal, maka katakanlah yang baik-baik,karena sesungguhnya para malaikat mendoakan atas apa yang kalian ucapkan. (HR. Muslim).

37. Jika keluar tiga orang dalam suatu perjalanan, maka hendaklah mereka memilih pemimpin satu orang dari mereka. (HR. Abu Daud).

38. Empat perkara yang termasuk sunnah para rasul, yaitu sifat malu, memakai wewangian, bersiwak dan menikah. (HR. Tirmidzi).

39. Ruh-ruh manusia itu seperti prajurit yang berkelompok-kelompok, jika saling mengenal mereka akan menjadi akrab, dan jika saling bermusuhan maka mereka akan saling berselisih. (HR. Bukhari).

40. Berbuatlah zuhud (tidak rakus pada dunia), niscaya engkau akan dicintai Allah, dan zuhudlah untuk hak orang lain, niscaya engkau akan dicintai manusia. (HR. Ibnu Majah).

Wednesday, May 23, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Tujuh


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 7

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

31. إِذَا كَفَّرَ الرَّجُلُ أَخَاهُ فَقَدْ بَاءَ بِهَا أَحَدُهُمَا. (رواه مسلم)


32. إِذَا لَمْ تَسْتَحْيِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ (رواه البخاري).

33. إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ (رواه مسلم)

34. إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوْا قَالُوْا وَمَا رِيَاضُ الجَنَّةِ قَالَ حِلَقُ الذِّكْرِ (رواه أبو نعيم).

35. إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ. (رواه الترمذي)

31. Apabila ada seseorang yang mengkafirkan saudaranya (seiman) maka salah satu dari keduanya akan tertimpa kekufuran. (HR. Muslim).

32. Bila kamu tidak punya malu, maka lakukan (apa saja) sesukamu. (HR. Bukhari).

33. Jika seorang manusia mati maka terputuslah seluruh amalnya kecuali dari tiga hal, sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, atau anak shalih yang mendoakannya. (HR Muslim).

34. Jika kamu melewati taman-taman surga, maka singgahlah dengan senang. Para sahabat bertanya, “Apakah taman-taman surga itu?” Beliau menjawab: Halaqah-halaqah (kelompok-kelompok) dzikir. (HR. Abu Nuaim).

35. Apabila salah seorang diantara kalian punya hajat penting, maka hendaklah dia mengerjakan sholat sunnah dua rakaat, bukan sholat fardhu. (HR.Tirmidzi)

Tuesday, May 22, 2018

BACAAN DOA SETELAH SHALAT TARAWIH

Oleh: Taufiq Rm
Mari kita senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan nikmatNya terutama nikmat bulan Ramadhan sehingga kita bisa menambah pundi2 pahala yg berlipat ganda.
Diantara amaliyah di bulan Ramadhan adalah bacaan-bacaan yg menyertai Shalat Tarawih. Ketika akan memulai, diantara 2 salam dan setelah shalat Tarawih atau setelah Shalat Witir ada bacaan-bacaan yg dipandu oleh salah seorang jamaah atau imamnya dan diikuti oleh seluruh jamaah. Walaupun keseluruhan redaksinya tdk sama antar daerah tetapi ada kesamaan pada beberapa kalimat. Sighatnya ada yg berbentuk tunggal atau jama'. Bacaan tersebut sbb;
اشهد ان لااله الاالله استغفرالله اللهم اني اسالك رضاك والجنة واعوذبك من سخطك والنار. اللهم انك عفوتحب العفو فاعف عني 
Kemudian timbul pertanyaan mengapa bacaan itu selalu menyertai ibadah di bulan Ramadhan dan kalimat2nya hampir sama ? Termasuk tradisikah atau ajaran agama ?
Pertanyaan semacam ini wajar mengemuka karena beragama kita awalnya adalah habbit atau kebiasaan.
Dalam kitab Fadhailu Syahri Ramadhan, Ahmad Yasin Usymuni al-Jaruni mengutip hadits dari sahabat Salman yg berisi khutbah Rasulullah SAW. Ketika memasuki hari terakhir bulan Sya'ban suatu ketika Rasulullah SAW berpidato tentang datangnya bulan yg agung dst....(Haditsnya panjang sy kutip yg berhubungan dg tema tulisan ini saja), hingga di akhir khutbahnya Baginda Nabi bersabda:
...فاستكثروا فيه من اربع خصال: خصلتان ترضون بهما ربكم وخصلتان لا غني لكم عنهما. فالخصلتان اللتان ترضون بهما ربكم فشهادة ان لااله الاالله وتستغفرونه. وامااللتان لا غني لكم عنهما فتسالون الله الجنة وتعوذون به من النار.....
"Perbanyaklah 4 hal; dua hal yg mendatangkan keridhaan Tuhanmu dan dua hal pasti kalian butuhkan. Dua hal yg mendatangkan keridhaan Tuhanmu adalah syahadah (la ilaha illallahu) dan istighfar kepadaNya. Sedangkan dua hal yg pasti kalian butuhkan adalah mohon sorga kepada Allah dan mohon perlindungan kepadaNya dari api neraka....."
Sedangkan bacaan, 
اللهم انك عفو تحب العفو فاعف عني
Itu merupakan bacaan yg diajarkan Nabi kepada Sayyidatina Aisyah Radhiyallahu anha, ketika Aisyah menanyakan bacaan apa yg perlu dibaca apabila mendapati malam Laitatul qadar. 
Dengan demikian bacaan yg menyertai shalat Tarawih dan Witir merupakan ajaran agama yg ditradisikan oleh kaum muslimin agar tdk lupa membaca doa tersebut di bulan Ramadhan. Sebagaimana kaum muslimin mentradisikan bacaan niat puasa secara bersama-sama setelah shalat Witir itu jg bagian dari upaya memandu jamaah agar tdk lupa berniat. Namun doa-doa tersebut sebaiknya tdk hanya dibaca saat shalat Tarawih tetapi jg dibaca sendiri di waktu2 yg lain, seperti sesudah shalat fardhu atau yg lain karena Rasulullah mendorong utk memperbanyak doa tersebut.
Mengapa empat permohonan itu yg didorong oleh Nabi utk diperbanyak bacaannya di bulan Ramadhan ? 
Pertama, syahadat merupakan pernyataan tauhid kepada Allah SWT. dengan syahadat kita memusatkan ibadah hanya kepadaNya, meniadakan penghambaan kepada selainNya. Syahadat perlu kita nyatakan berulang-ulang termasuk diluar bulan Ramadhan karena kadang-kadang tanpa terasa kita menjadi hamba harta, tahta dan gemerlap duniawi lainnya. Maka syahadat dapat mengembalikan pd penghambaan yg sebenarnya. Penyebutan kata Allah termasuk dlm syahadat menurut para mufassir meliputi seluruh sifat2 Allah yg lain dlm asma' al-Husna. 
Kedua, istighfar penting dlm hidup kita. Betapa byk kemaksiatan yg kita lakukan, mulai dari gerak hati, mata, lisan dan seluruh anggota tubuh kita. Istighfar merupakan pernyataan permohonan ampun kepada Allah disertai dg tekat yg kuat utk berhenti dari melakukan maksiat.
كل بني ادم خطاؤن وخير الخطاءين التوابون
"Semua anak cucu Adam pernah berbuat salah/dosa. Sebaik2 org yg berbuat salah adalah yg mau bertaubat".
3. Permohonan sorga adalah puncak dari segala permohonan. Sorga tempat kenikmatan yg abadi. Keadaan sorga dilukiskan,
ما لا عين راءت ولا اذن سمعت ولا خطر في قلب البشر
#Kenikmatan sorga adalah tdk pernah dilihat oleh mata, tdk pernah didengar oleh telinga dan tdk pernah terlintas dlm hati seorang manusia"
Penghuni sorga mereka yg disebut oleh al-Qur'an dlm surah al-Bayyinah sbg
رضي الله عنهم ورضوا عنه
Allah ridho kepada mereka dan mereka ridho atas anugerah yg diberikan oleh Allah.
4. Neraka tempat kesengsaraan. Surat al-Humazah menginformasikan kepada kita bagaimana dahsyatnya api neraka. Wal i'yadzu billah.
Semoga bermanfaat.

#Selamat mengamalkan 4 bacaan/doa tsb diatas.
Ungaran, 22/05/2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Enam


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 6

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

26. إِذَا رَأَيْتُمُ الرَّجُلَ يَتَعَاهَدُ الْمَسَاجِدَ فَاشْهَدُوا لَهُ بِالإِيمَانِ. (رواه احمد)

27. إِذَا صَلَتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَصَنَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ بَعْلَهَا، دَخَلَتْ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شَاءَتْ. (رواه ابن حبان)

28. إِذَا ظَهَرَ السُّوءُ فِي اْلأَرْضِ أَنْزَلَ اللهُ بِأَهْلِ اْلأَرْضِ بَأْسَهُ (رواه احمد)

29. إِذَا عَرَفَ الْغُلامُ يَمِيْنَهُ مِنْ شِمَالِهِ، فَمُرُوْهُ بِالصَّلاَةِ (رواه أبو داود).

30. إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الْجُمْعَةِ: (أَنْصِتْ) وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ.(رواه البخاري)

26. Jika kamu melihat seseorang selalu rajin ke masjid, maka ketahuilah bahwa dia adalah orang yang beriman. (HR. Ahmad)

27. Apabila seorang isteri mengerjakan shalat yang lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya (menjaga kehormatannya), dan taatkepada suaminya, niscaya ia akan masuk Surga dari pintu mana saja yang dikehendakinya.(HR.Ibnu Hibban.)

28. Apabila kemaksiatan nampak terang-terangan di muka bumi, maka Allah menurunkan bencana pada penduduk bumi ini. (HR. Ahmad).

29. Jika anak sudah bisa membedakan mana kanan dan kiri, maka perintahlah anak itu untuk shalat. (HR. Abu Daud).

30. Jika engkau berkata pada sahabatmu pada hari Jum’at, ‘Diamlah, sementara khotib sedang berkhutbah!’ Sungguh engkau telah berkata sia-sia.(HR. Bukhori.)

Monday, May 21, 2018

PAHALA BERLIPAT

Oleh: Taufiq Rm

Alhamdulillah kita dipertemukan dg bulan Ramadhan yg penuh rahmah, berkah dan maghfirah Allah SWT. Kesempatan memasuki bulan Ramadhan merupakan nikmat yg besar dan anugerah yg agung karena org2 terdahulu berdoa beberapa bulan sebelum bulan Ramadhan agar dipertemukan dg bulan Ramadhan bahkan Mu'li Ibn Fadhl mengatakan mereka berdoa selama 6 bulan sebelum Bulan Ramadhan agar mereka bisa dipertemukan oleh Allah dg Bulan Ramadhan. Kemudian berdoa selama 6 bulan sesudah bulan Ramadhan dg harapan ibadah puasanya diterima oleh Allah SWT. 
وقال المعلي بن الفضل: كان السلف يدعون الله ستة اشهر ان يبلغهم رمضان ثم يدعونه ستة اشهر ان يتقبله منهم
Bulan Ramadhan menjadi dambaan setiap insan yg beriman karena didalamnya terdapat ladang pahala yg byk. Tidurnya org berpuasa dicatat sbg ibadah (tapi bukan berarti ini anjuran agar memperbanyak tidur di Bulan Ramadhan), diamnya dicatat sbg tasbih, amal ibadahnya dilipatgandakan, melakukan ibadah sunnah seperti melakukan ibadah wajib di luar bulan Ramadhan, melakukan ibadah wajib seperti melakukan 70 kali ibadah wajib di luar bulan Ramadhan, memberi buka puasa pada org yg berpuasa akan mendapatkan pahala seperti pahala org yg berpuasa tanpa mengurangi pahala org yg diberi buka puasa sedikitpun. Menghadiri majelis ilmu di bulan Ramadhan pahalanya sangat besar. Sebagaimana Hadits dari sahabat Anas ibn Malik yg dikutip oleh Muhammad bin Usymuni dalam Kitab Risalah ash-Shiyam,
من حضر مجلس العلم في رمضان كتب الله تعالي بكل قدم عبادة سنة....
"Barangsiapa menghadiri majelis ilmu di Bulan Ramadhan maka Allah akan mencatat setiap langkah kakinya seperti ibadah satu tahun..."
Wajar di bulan Ramadhan banyak kajian-kajian yg diselenggarakan di masjid dan mushalla termasuk di kampus, seperti kajian Ahad sore, kajian menjelang berbuka puasa bahkan di beberapa pondok pesantren diadakan khataman beberapa kitab yg biasanya diikuti oleh para santri yg menetap dan santri kalong. 
Kelanjutan Hadits diatas,
ومن داوم علي الجماعة في رمضان اعطاه الله تعالي بكل ركعة مدينة تملاء من نعم الله تعالي ومن بر والديه في رمضان ينال نظرة الله بالرحمة وما من امراءة تطلب رضا زوجها في رمضان الا ولها ثواب مريم واسية ومن قضي حا جة اخيه المسلم في رمضان قضي الله تعالي له الف حاجة يوم القيامة 
"Barangsiapa yg rutin shalat jamaah di bulan Ramadhan, Allah akan memberi sebuah kota yg dipenuhi dg nikmat Allah. Barangsiapa berbuat baik pd kedua org tuanya di bulan Ramadhan akan memperoleh tatapan kasih sayang Allah. Perempuan yg minta ridho suaminya di bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala spt Maryam dan Asiyah. Siapa yg memenuhi kebutuhan saudaranya yg muslim di bulan Ramadhan maka Allah akan memenuhi seribu kebutuhannya di hari kiamat kelak".

Ada lg keutamaan puasa Ramadhan yg cukup terkenal yaitu Hadits dari Abu Hurairah yg diriwayatkan oleh Imam Bukhori, Allah berfirman dlm Hadits Qudsi:
كل عمل ابن ادم له الا الصيام فانه لي وانا اجزي به
"Semua amal ibadah keturunan Nabi Adam untuknya kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untukku dan aku yg akan membalasnya"
Ada yg senada dg Hadits diatas, 
الصيام لي وانا اجزي به
Memahami Hadits ini al-Hafidz Ibnu Hajar mengemukakan 10 pandangan. Tetapi yg pokok ada 4 yaitu:
1. Puasa tdk akan jatuh disebabkan perbuatan riya' karena dilakukan semata2 utk Allah, tdk spt ibadah lain yg mudah dimasuki riya'.
2. Allah akan mengkhususkan kadar pahala puasa dan kelipatan kebaikan2nya.
3. Ibadah yg paling dicintai Allah adalah puasa.
4. Penyandaran ibadah kepada Allah menunjukkan keagungan ibadah tsb.

Ladang pahala terhampar luas di depan kita. Bisakah kita menyemai amal ibadah di bulan Ramadhan utk kita petik buah pahalanya di akhirat kelak. Lorong waktu tdk bisa diputar ulang. Syair dibawah ini patut kita renungkan, ada yg mengatakan Syair Imam Syafi'i
بادر الفرصة واحذر فوتها#فبلوغ العز في نيل الفرص
"Gunakan kesempatan, hati2 akan kehilangan kesempatan. Tercapainya kemulyaan tergantung kemampuannya dlm memanfaatkan kesempatan".

#Selamat merengkuh pahala yg berlipat ganda
Ungaran, 21/05/ 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Lima


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 5

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :
21. إذَا دُعِىَ أَحَدُكُمْ فَلْيُجِبْ فَإِنْ كَانَ صَاِئمًا فَلْيُصَلِّ وِإِنْ كَانَ مُفْـطِرًا فَلْيُطْعِمْ (رواه مسلم)


22. إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْوَلِيمَةِ فَلْيَأْتِهَا (رواه البخاري).

23. اذَا رَأَى أَحَدُكُمْ امْرَأَةً فَأَعْجَبَتْهُ، فَلْيَأْتِ أَهْلَهُ فَإِنَّ مَعَهَا مِثْلَ الَّذِي مَعَهَا. (رواه الترمذي)

24. إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ مِنْ أَخِيهِ وَمِنْ نَفْسِهِ وَمِنْ مَالِهِ مَا يُعْجِبُهُ فَلْيُبَرِّكْهُ فَإِنَّ العَيْنَ حَقٌّ (رواه احمد)

25. إِذَا رَأَيْتَ شُحًّا مُطَاعًا وَهَوىً مُـتَّـبَـعًا وَدُنْـيَا مُؤْثَـرَةً وَإِعْجَابَ كُلِّ ذِي رَأْيٍ بِرَأْيِهِ فَعَلَيْكَ بِخَاصَّةِ نَفْسِكَ وَدَعْ عَنكَ أَمْرَ الْعَامَّـةٍ . (رواه أبو داود)

21. Apabila seseorang di antara kamu diundang (makan) hendaklah dipenuhi. Apabila puasa, hendaklah mendoakan (kepada orang yang mengundang). Apabila tidak puasa, hendaklah makan. (HR. Muslim)

22. Jika salah seorang dari kalian diundang ke acara walimahan, hendaklah ia datang. (H.R. Bukhari)

23. Bila engkau melihat seorang wanita, lalu ia memikat hatimu, maka segeralah pulang datangi istrimu!. Sesungguhnya, istrimu memiliki seluruh hal yang dimiliki oleh wanita yang engkau lihat itu. (HR. Tirmidzi).


24. Apabila salah seorang kalian melihat kekaguman pada saudaranya, pada dirinya, dan hartanya, hendaknya dia mendoakan barokah untuknya, karena pengaruh mata itu benar adanya. (HR. Ahmad)

25. Apabila engkau melihat kekikiran yang ditaati, hawa nafsu yang diikuti, dunia yang kedepankan dan kagum kepada setiap orang yang mempunyai pandangan sama dengan pendapatnya. Maka wajib bagimu (menyelamatkan) diri sendiri dan tinggalkan orang awam (para pelaku tsb). (HR. Abu Dawud.)

Sunday, May 20, 2018

PUASA DAN KEJUJURAN

Oleh: Taufiq Rm
Ketika seseorang berpuasa hanya dirinya dan Allah yg tahu. Puasa termasuk ibadah fisik yg samar. Dikatakan ibadah fisik karena harus menahan diri dari hal2 yg membatalkan puasa dan mengurangi pahalanya. Namun walaupun ibadah fisik hakikatnya ibadah puasa merupakan ibadah yg samar. Batal atau tidaknya puasa seseorang hanya dirinya dan Allah yg tahu. Maka kejujuran menjadi keniscayaan dlm melaksanakan ibadah puasa. Kejujuran akan mengantarkan terbukanya kebaikan dan kebaikan akan mengantarkan terbukanya pintu sorga. Imam Bukhori meriwayatkan Hadits dari Ibnu Mas'ud,
عليكم بالصدق فان الصدق يهدي الي البر وان البر يهدي الي الجنة وما يزال الرجل يصدق ويتحري الصدق حتي يكتب عندالله صديقا واياكم والكذب فان الكذب يهدي الي الفجور وما يزال الرجل يكذب ويتحري الكذب حتي يكتب عندالله كذابا
"Jaga kejujuran karena kejujuran menunjukkan/mengantarkan pd kebaikan, kebaikan mengantarkan ke sorga. Seseorang yg senantiasa jujur dan berusaha selalu jujur maka dicatat sebagai org jujur. Hati2 dg kebohongan, kebohongan mengantarkan pd kejahatan. Seseorang yg senantiasa bohong dan selalu berbohong maka dicatat sebagai pembohong"
Saat ini kejujuran menjadi barang mahal yg langka. Seandainya ada pulau kejujuran maka org akan berbondong-bondong menuju pulau tsb. Banyaknya kasus penyimpangan dan kebocoran di negeri ini disebabkan tipisnya kejujuran. Kepandaian tdk paralel dg kejujuran. Dapat dipahami apabila sifat yg wajib bg para Rasul diawali dg sifat Sidiq, kemudian amanah, tabligh dan fatonah. Ada yg mengatakan org jujur bisa dibimbing agar pandai tapi org pandai blm tentu bisa dilatih jujur. Idealnya jujur sekaligus pandai. Kejujuran disebut jg dg jiwa yg otonom dan berintegritas. Setiap diri manusia kecuali para Nabi dan Rasul, berpotensi melakukan kejujuran dan kebohongan sekaligus karena didlm dirinya terdapat dorongan fujur dan taqwa. 
Bagaimana agar menjadi pribadi yg jujur ?
Menghadirkan Allah dlm segala aktifitas kita adalah resep ampuh membentuk pribadi yg jujur. Merasakan kehadiran Allah diawali dari adanya pemahaman bhw Allah Maha Mengawasi dan akan membalas semua aktifitas kita selama di pentas dunia yg fana ini. Puasa melatih kita menjadi pribadi yg jujur.

#Selamat menempuh sekolah kejujuran. Semoga lulus...amiin
Semarang, 20/05/2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Empat


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 4

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

16. اِذَا اُعْطِيْتَ شَيْئًا مِنْ غَيْرِ أَنْ تَسْأَلَ فَكُلْ وَتَصَدَّقْ.(رواه الترمذي)


17. إِذَا التَقَى المُسلِمَان بسَيْفَيهِمَا فالقَاتِلُ وَالمَقْتُولُ في النّارِ. (رواه البخاري).

18. إِذَا انْتَهَى أَحَدُكُمْ إِلَى الْمَجْلِسِ فَلْيُسَلِّمْ، فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَقُوْمَ فَلْيُسَلِّمْ. (رواه أبو داود)

19. إِذَا بَاتَتِ الْمَرْأَةُ هَاجِرَةً لِفِرَاشِ زَوْجِهَا لَعَنَتْهَا الْمَلَائِكَةُ حَتَّى تَرْجِعَ.(رواه البخاري)

20. إِذَا تَزَوَّجَ العَبْدُ فَقَدْ كَمَّلَ نِصْفَ الدِّيْنِ فَلْيَتَّقِ اللهَ فِي النِّصْفِ البَاقِي (رواه البيهقي)

16. Bila kamu diberi sesuatu tanpa diminta (tak terduga), maka makanlah dan (sebagiannya) sedekahkan. (HR. Tirmidzi).


17. Jika ada dua orang muslim berhadapan dengan membawa pedang masing-masing (mau saling membunuh), maka yang membunuh dan yang dibunuh sama-sama masuk Neraka. (HR. Bukhari)

18. Apabila salah seorang kalian sampai di suatu majlis hendaklah memberikan salam. Dan apabila hendak keluar, hendaklah memberikan salam. (HR. Abu Daud).

19. Apabila seorang wanita bermalam sementara ia tidak memenuhi ajakan suaminya di tempat tidur, maka Malaikat melaknatnya hingga pagi. (HR. Bukhori.)

20. Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lainnya. (HR. Baihaqi).

Saturday, May 19, 2018

BULAN BERBAGI

Oleh: Taufiq Rm
Berbagi di bulan Ramadhan sangat dianjurkan. Manfaat berbagi selain utk mengikis sifat kikir jg pahalanya sangat besar. Memberi buka puasa pada org yg berpuasa akan mendapatkan pahala yg sama dg pahala org yg berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun pahala org yg diberi buka puasa. Memberi buka puasa tdk harus dg menu lengkap yg istimewa tapi boleh dg sebutir kurma, segelas air atau seteguk susu dsb. Waktu memberi buka puasa adalah saat pertama kali mencicipi makanan setelah berpuasa seharian bukan setelah berbuka di rmh masing2. Kata Rasulullah rezeki org mukmin akan ditambah di bulan Ramadhan. Mengapa msh ragu utk berbagi. Kekhawatiran akan berkurangnya harta apabila berbagi dg org lain itu berasal dari bisikan syetan. Rasulullah sangat dermawan. Kedermawanan Rasulullah meningkat pd bulan Ramadhan spt angin yg bertiup disaat Malaikat Jibril datang menemui Rasulullah, kemudian bertadarus al-Qur'an. Berbagi dg org lain jg sebagai bentuk syukur atas karunia yg diberikan oleh Allah SWT.
#Selamat berbagi
Semarang, 19/05/2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ketiga


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 3

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

11. اِحْفَظْ وُدَّ أَبِيكَ وَلَا تَقْطَعْهُ، فَيُطْفِئُ اللهُ نُورَكَ (رواه البخاري).


12. اُدْعُوا اللَّهَ وَأَنْتُمْ مُوقِنُونَ بِالإِجَابَةِ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ لاَ يَسْتَجِيبُ دُعَاءً مِنْ قَلْبٍ غَافِلٍ لاَهٍ (رواه الترمذي)


13. إِذَا اجْتَهَدَ الْحَاكِمُ فَأَصَابَ فَلَهُ أَجْرَانِ، وَإِنْ أَخْطَأَ فَلَهُ أَجْرٌ (رواه مسلم)

14. إِذَا اسْتَأْذَنَ اَحَدُكُمْ ثَلاَثاً فَلَمْ يُؤْذَنْ لَهُ فَلْيَرْجِعْ. (رواه البخاري).

15. إِذَا أُسْنِدَ الْأَمْرُ إِلَى غَيْرِ أَهْلِهِ فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ. (رواه البخاري).

11. Jagalah silaturahim dengan kenalan atau kawan bapakmu (setelah wafatnya), jangan kamu putuskan, supaya Allah tidak memadamkan cahaya (keberkahan) bagimu. (HR. Bukhari).

12. Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan do’a dari hati yang lalai. (HR. Tirmidzi).

13. Jika seorang hakim berijtihad dan benar maka dia memperoleh dua pahala. Jika ia berijtihad dan salah maka ia memperoleh satu pahala. (HR. Bukhari)

14. Apabila salah seorang diantara kalian meminta izin masuk tiga kali dan tidak ada jawaban, maka pulanglah. (HR. Bukhori.)


15. Apabila suatu urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya maka tunggulah kehancuran. (HR. Bukhari)

Friday, May 18, 2018

LATIHAN SABAR

Oleh: Taufiq Rm
Puasa melatih kita menjadi org yg sabar. Dengan menahan lapar, haus dan tdk berhubungan suami istri dari waktu fajar (Baca: imsak) hingga adzan Maghrib, kita dilatih bersabar. Kesabaran mesti menjadi sifat manusia karena tidak semua yg diinginkan dapat diraih atau sesuai dg waktu yg ditargetkan. Sabar dibagi 3 (tiga) macam; pertama, sabar melaksanakan perintah-perintah Allah. Salah satu perintah Allah adalah berpuasa di Bulan Ramadhan. Dalam melaksanakan ibadah puasa byk kegiatan yg mesti kita lakukan dg sabar, seperti bangun untuk santap sahur, mencari nafkah di siang hari saat lapar dan haus, dan lain sebagainya. Kedua, sabar menjauhi maksiat. Banyak macam kemaksiatan yg sangat menawan hati dan menarik perhatian. Apabila kita mampu menjauhi maka kita tergolong org yg sabar. Org yg sabar adalah org yg tdk berbuat maksiat. Ketiga, Sabar menghadapi musibah/cobaan. Semua yg terjadi atas izin Allah.

Sabar tidak ada batasnya. Ketika seseorang mengeluh sudah bersabar cukup lama tetapi yg diharapkan tdk kunjung tiba maka itu berarti tdk sabar. Umat zaman dahulu byk yg mengalami penderitaan dalam jangka waktu lama sehingga sampai mengatakan, kapan pertolongan Allah datang. Kadang-kadang solusi datang disaat kondisi berada dititik nadir. Anugerah yg didapatkan melalui jalan kesabaran akan sangat berarti dlm hidup kita. Bagi org yg sabar ada kebahagiaan yg menunggu di ujung sana. Sabar merupakan pakaian org yg bertaqwa. Balasannya adalah sorga.
Semarang, 18/05/2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Kedua


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 2

6. اِتَّقُوا الظُّلْمَ فَإِنَّ الظُّلْمَ ظُلُمَاتٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَاتَّقُوا الشُّحَّ فَإِنَّ الشُّحَّ أَهْلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ (رواه مسلم)


7. أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ (رواه مسلم).

8. أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ مَسَاجِدُهَا، وَأَبْغَضُ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ أَسْوَاقُهَا. (رواه مسلم)

9. احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجِزْ (رواه مسلم)

10. الإِحْسَانُ أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ. (رواه مسلم)

6. Jauhilah (takutlah) oleh kalian perbuatan dzalim, karena kedzaliman itu merupakan kegelapan pada hari kiamat. Dan jauhilah sifat kikir, karena kikir telah mencelakakan umat sebelum kalian.(HR. Muslim)

7. Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta'ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit. (HR. Muslim)

8. Bagian negeri yang paling Allah cintai adalah masjid-masjidnya, dan bagian negeri yang paling Allah benci adalah pasar-pasarnya. ( HR. Muslim. )

9. Bersemangatlah untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat bagi dirimu, serta mohonlah pertolongan kepada Allah dan jangan menjadi orang lemah. ( HR. Muslim.)


10. Ihsan yaitu kamu menyembah Allah seolah-olah kamu melihat-Nya, dan jika kamu tidak melihat-Nya maka sesungguhnya Dia melihat kamu. (HR. Muslim)

Thursday, May 17, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Pertama


MENGHAFAL HADITS di Ramadhan: Hari 1

1. أَبْغَضُ الرِّجَالِ إِلَى اللَّهِ الْأَلَدُّ الْخَصِمُ .(رواه البخاري)

2. أَبْغَضُ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ ثَلَاثَةٌ مُلْحِدٌ فِي الْحَرَمِ وَمُبْتَغٍ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةَ الْجَاهِلِيَّةِ وَمُطَّلِبُ دَمِ امْرِئٍ بِغَيْرِ حَقٍّ لِيُهَرِيقَ دَمَه. (رواه البخاري)

3. أَتَدْرُونَ مَا الْغِيبَةُ قَالُوا اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ ذِكْرُكَ أَخَاكَ بِمَا يَكْرَهُ (رواه مسلم)

4. اِتَّقِ اللَّهَ حَيْثُمَ كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ (رَوَاهُ التِّرْمِذِي)

5. إِتَّقِ دَعْوَةَ الْمَظْلُوْمِ , فَإِنَّهَا لَيْسَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ اللهِ حِجَابٌ (رواه البخاري)

1. Sesungguhnya orang yang paling dimurkai Allah adalah orang yang paling keras permusuhannya dan yang suka berdebat. (HR.Bukhari).

2. Manusia yang paling dibenci oleh Allah ada tiga: seseorang yang berbuat kerusakan di tanah haram, melakukan ajaran Jahiliyah dalam Islam, dan ingin menumpahkan darah orang lain tanpa jalan yang benar. (HR.Bukhari ).

3. Tahukah kalian, apakah ghibah itu?”, Para sahabat menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.”. Kemudian Rasulullah bersabda, “Ghibah adalah kamu membicarakan saudaramu mengenai sesuatu yang tidak dia sukai.” (HR.Muslim)

4. Bertaqwalah kepada Allah dimanapun engkau berada. Iringilah keburukan dengan kebaikan, niscaya kebaikan tersebut akan menghapuskannya. Dan bergaulah dengan manusia, dengan akhlak yang baik. (HR.Tirmidzi).

5. Takutlah kamu akan doa seorang yang terdzalimi, karena doa tersebut tidak ada hijab (penghalang) diantara dia dengan Allah. (HR.Bukhari)

Friday, May 11, 2018

Aset dan Surat Penting Milik Yayasan Al Qodar

  1. Tanggal 12 Jan 1998    Akta Pendirian Yayasan Al Qodar
  2. Tanggal 04 Mar 1998   Mohon Lokasi Tanah untuk Masjid
  3. Tanggal 04 Mar 1998   Susunan Panitia Pembangunan Masjid Jami' Al Qodar
  4. Tanggal 18 Mar 1998   Berita Acara Pengukuran Tempat Ibadah
  5. Tanggal 19 Mar 1998   Persetujuan Lokasi Tanah untuk Masjid
  6. Tanggal 22 Mei 1998   Rekomendasi Rencana Pembangunan Masjid Amal Bakti Muslim Pancasila ke YAMP
  7. Tanggal 22 Mei 1998   Rekomendasi Pengajuan Permohonan Bantuan ke YAMP
  8. Tanggal 23 Sep 1998   Petikan Surat Keputusan YAMP Tentang Pembangunan Masjid YAMP
  9. Tanggal 23 Sep 1998   Petikan Lampiran SK YAMP Tentang Perincian Lokasi, Type dan Biaya Pembangunan Masjid YAMP
  10. Tanggal 05 Okt 1998   Penyerahan SK Ketua YAMP
  11. Tanggal 05 Okt 1998   Surat Penugasan dari Dirut Perum Perumnas Kepada Wakil Kepala Cabang V Perum Perumnas
  12. Tanggal 16 Okt 1998   Berita Acara Penentuan Arah Kiblat dan Peil Bangunan Masjid YAMP
  13. Tanggal 22 Okt 1998   Permohonan Ijin Mendirikan Bangunan
  14. Tanggal 26 Sep 1998   SK Walikota KDT II Semarang Tentang Pemberian Ijin Mendirikan Bangunan Masjid Jami' Perumnas Sendangmulyo
  15. Tanggal 15 Des 1998   Pemberian Mandat Kepada Pengurus Harian Yayasan Al Qodar untuk Menerima Penyerahan Penggunaan Hak Atas Tanah dari Perum Perumnas
  16. Tanggal 11 Jan 1999    Perjanjian Penyerahan Penggunaan Tanah
  17. Tanggal 05 Mei 1999   Undangan Peresmian Masjid Jami' Al Qodar Perumnas Sendangmulyo
  18. Tanggal 07 Mei 1999   Berita Acara Serah Terima Bangunan 1 Unit Masjid YAMP Type 15
  19. Tanggal 01 Jun 1999    SK Yayasan Periode I Tahun 1999 - 2010
  20. Tanggal 29 Mei 2010   SK Yayasan Periode II Tahun 2010 - 2015
  21. Tanggal 26 Des 2015   SK Dewan Pembina Periode III Tahun 2015 - 2020
  22. Tanggal 24 Apr 2016   Akte Pendirian Yayasan Revisi
  23. Tanggal 29 Apr 2016   SK KEMENKUMHAM RI
  24. Tanggal 01 Jun 2016   SK Pengurus Yayasan
  25. Tanggal 05 Jun 2016   SK Pengurus Yayasan Pada Bidang-Bidang
  26. Tanggal 01 Jun 1999   Lampiran ADART Periode I Tahun 1998
  27. Tanggal 01 Jun 2010   Lampiran ADART Periode II Tahun 2010
  28. Tanggal 26 Okt 2016   Lampiran ART Periode Tahun 2016
  29. Tanggal 07 Apr 2015   SPT Tahunan dan NPWP 01.812.476.8-517.000 YAYASAN AL QODAR  

 
biz.