Tuesday, May 22, 2018

BACAAN DOA SETELAH SHALAT TARAWIH

Oleh: Taufiq Rm
Mari kita senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan nikmatNya terutama nikmat bulan Ramadhan sehingga kita bisa menambah pundi2 pahala yg berlipat ganda.
Diantara amaliyah di bulan Ramadhan adalah bacaan-bacaan yg menyertai Shalat Tarawih. Ketika akan memulai, diantara 2 salam dan setelah shalat Tarawih atau setelah Shalat Witir ada bacaan-bacaan yg dipandu oleh salah seorang jamaah atau imamnya dan diikuti oleh seluruh jamaah. Walaupun keseluruhan redaksinya tdk sama antar daerah tetapi ada kesamaan pada beberapa kalimat. Sighatnya ada yg berbentuk tunggal atau jama'. Bacaan tersebut sbb;
اشهد ان لااله الاالله استغفرالله اللهم اني اسالك رضاك والجنة واعوذبك من سخطك والنار. اللهم انك عفوتحب العفو فاعف عني 
Kemudian timbul pertanyaan mengapa bacaan itu selalu menyertai ibadah di bulan Ramadhan dan kalimat2nya hampir sama ? Termasuk tradisikah atau ajaran agama ?
Pertanyaan semacam ini wajar mengemuka karena beragama kita awalnya adalah habbit atau kebiasaan.
Dalam kitab Fadhailu Syahri Ramadhan, Ahmad Yasin Usymuni al-Jaruni mengutip hadits dari sahabat Salman yg berisi khutbah Rasulullah SAW. Ketika memasuki hari terakhir bulan Sya'ban suatu ketika Rasulullah SAW berpidato tentang datangnya bulan yg agung dst....(Haditsnya panjang sy kutip yg berhubungan dg tema tulisan ini saja), hingga di akhir khutbahnya Baginda Nabi bersabda:
...فاستكثروا فيه من اربع خصال: خصلتان ترضون بهما ربكم وخصلتان لا غني لكم عنهما. فالخصلتان اللتان ترضون بهما ربكم فشهادة ان لااله الاالله وتستغفرونه. وامااللتان لا غني لكم عنهما فتسالون الله الجنة وتعوذون به من النار.....
"Perbanyaklah 4 hal; dua hal yg mendatangkan keridhaan Tuhanmu dan dua hal pasti kalian butuhkan. Dua hal yg mendatangkan keridhaan Tuhanmu adalah syahadah (la ilaha illallahu) dan istighfar kepadaNya. Sedangkan dua hal yg pasti kalian butuhkan adalah mohon sorga kepada Allah dan mohon perlindungan kepadaNya dari api neraka....."
Sedangkan bacaan, 
اللهم انك عفو تحب العفو فاعف عني
Itu merupakan bacaan yg diajarkan Nabi kepada Sayyidatina Aisyah Radhiyallahu anha, ketika Aisyah menanyakan bacaan apa yg perlu dibaca apabila mendapati malam Laitatul qadar. 
Dengan demikian bacaan yg menyertai shalat Tarawih dan Witir merupakan ajaran agama yg ditradisikan oleh kaum muslimin agar tdk lupa membaca doa tersebut di bulan Ramadhan. Sebagaimana kaum muslimin mentradisikan bacaan niat puasa secara bersama-sama setelah shalat Witir itu jg bagian dari upaya memandu jamaah agar tdk lupa berniat. Namun doa-doa tersebut sebaiknya tdk hanya dibaca saat shalat Tarawih tetapi jg dibaca sendiri di waktu2 yg lain, seperti sesudah shalat fardhu atau yg lain karena Rasulullah mendorong utk memperbanyak doa tersebut.
Mengapa empat permohonan itu yg didorong oleh Nabi utk diperbanyak bacaannya di bulan Ramadhan ? 
Pertama, syahadat merupakan pernyataan tauhid kepada Allah SWT. dengan syahadat kita memusatkan ibadah hanya kepadaNya, meniadakan penghambaan kepada selainNya. Syahadat perlu kita nyatakan berulang-ulang termasuk diluar bulan Ramadhan karena kadang-kadang tanpa terasa kita menjadi hamba harta, tahta dan gemerlap duniawi lainnya. Maka syahadat dapat mengembalikan pd penghambaan yg sebenarnya. Penyebutan kata Allah termasuk dlm syahadat menurut para mufassir meliputi seluruh sifat2 Allah yg lain dlm asma' al-Husna. 
Kedua, istighfar penting dlm hidup kita. Betapa byk kemaksiatan yg kita lakukan, mulai dari gerak hati, mata, lisan dan seluruh anggota tubuh kita. Istighfar merupakan pernyataan permohonan ampun kepada Allah disertai dg tekat yg kuat utk berhenti dari melakukan maksiat.
كل بني ادم خطاؤن وخير الخطاءين التوابون
"Semua anak cucu Adam pernah berbuat salah/dosa. Sebaik2 org yg berbuat salah adalah yg mau bertaubat".
3. Permohonan sorga adalah puncak dari segala permohonan. Sorga tempat kenikmatan yg abadi. Keadaan sorga dilukiskan,
ما لا عين راءت ولا اذن سمعت ولا خطر في قلب البشر
#Kenikmatan sorga adalah tdk pernah dilihat oleh mata, tdk pernah didengar oleh telinga dan tdk pernah terlintas dlm hati seorang manusia"
Penghuni sorga mereka yg disebut oleh al-Qur'an dlm surah al-Bayyinah sbg
رضي الله عنهم ورضوا عنه
Allah ridho kepada mereka dan mereka ridho atas anugerah yg diberikan oleh Allah.
4. Neraka tempat kesengsaraan. Surat al-Humazah menginformasikan kepada kita bagaimana dahsyatnya api neraka. Wal i'yadzu billah.
Semoga bermanfaat.

#Selamat mengamalkan 4 bacaan/doa tsb diatas.
Ungaran, 22/05/2018

Masjid Jami Al Qodar

Author & Editor

Masjid Jami Al Qodar , Jl. Bukit Bougenville Raya, Perumnas Bukit Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, KOTA SEMARANG 50272 .

0 comments:

Post a Comment

 
biz.