Monday, May 21, 2018

PAHALA BERLIPAT

Oleh: Taufiq Rm

Alhamdulillah kita dipertemukan dg bulan Ramadhan yg penuh rahmah, berkah dan maghfirah Allah SWT. Kesempatan memasuki bulan Ramadhan merupakan nikmat yg besar dan anugerah yg agung karena org2 terdahulu berdoa beberapa bulan sebelum bulan Ramadhan agar dipertemukan dg bulan Ramadhan bahkan Mu'li Ibn Fadhl mengatakan mereka berdoa selama 6 bulan sebelum Bulan Ramadhan agar mereka bisa dipertemukan oleh Allah dg Bulan Ramadhan. Kemudian berdoa selama 6 bulan sesudah bulan Ramadhan dg harapan ibadah puasanya diterima oleh Allah SWT. 
وقال المعلي بن الفضل: كان السلف يدعون الله ستة اشهر ان يبلغهم رمضان ثم يدعونه ستة اشهر ان يتقبله منهم
Bulan Ramadhan menjadi dambaan setiap insan yg beriman karena didalamnya terdapat ladang pahala yg byk. Tidurnya org berpuasa dicatat sbg ibadah (tapi bukan berarti ini anjuran agar memperbanyak tidur di Bulan Ramadhan), diamnya dicatat sbg tasbih, amal ibadahnya dilipatgandakan, melakukan ibadah sunnah seperti melakukan ibadah wajib di luar bulan Ramadhan, melakukan ibadah wajib seperti melakukan 70 kali ibadah wajib di luar bulan Ramadhan, memberi buka puasa pada org yg berpuasa akan mendapatkan pahala seperti pahala org yg berpuasa tanpa mengurangi pahala org yg diberi buka puasa sedikitpun. Menghadiri majelis ilmu di bulan Ramadhan pahalanya sangat besar. Sebagaimana Hadits dari sahabat Anas ibn Malik yg dikutip oleh Muhammad bin Usymuni dalam Kitab Risalah ash-Shiyam,
من حضر مجلس العلم في رمضان كتب الله تعالي بكل قدم عبادة سنة....
"Barangsiapa menghadiri majelis ilmu di Bulan Ramadhan maka Allah akan mencatat setiap langkah kakinya seperti ibadah satu tahun..."
Wajar di bulan Ramadhan banyak kajian-kajian yg diselenggarakan di masjid dan mushalla termasuk di kampus, seperti kajian Ahad sore, kajian menjelang berbuka puasa bahkan di beberapa pondok pesantren diadakan khataman beberapa kitab yg biasanya diikuti oleh para santri yg menetap dan santri kalong. 
Kelanjutan Hadits diatas,
ومن داوم علي الجماعة في رمضان اعطاه الله تعالي بكل ركعة مدينة تملاء من نعم الله تعالي ومن بر والديه في رمضان ينال نظرة الله بالرحمة وما من امراءة تطلب رضا زوجها في رمضان الا ولها ثواب مريم واسية ومن قضي حا جة اخيه المسلم في رمضان قضي الله تعالي له الف حاجة يوم القيامة 
"Barangsiapa yg rutin shalat jamaah di bulan Ramadhan, Allah akan memberi sebuah kota yg dipenuhi dg nikmat Allah. Barangsiapa berbuat baik pd kedua org tuanya di bulan Ramadhan akan memperoleh tatapan kasih sayang Allah. Perempuan yg minta ridho suaminya di bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala spt Maryam dan Asiyah. Siapa yg memenuhi kebutuhan saudaranya yg muslim di bulan Ramadhan maka Allah akan memenuhi seribu kebutuhannya di hari kiamat kelak".

Ada lg keutamaan puasa Ramadhan yg cukup terkenal yaitu Hadits dari Abu Hurairah yg diriwayatkan oleh Imam Bukhori, Allah berfirman dlm Hadits Qudsi:
كل عمل ابن ادم له الا الصيام فانه لي وانا اجزي به
"Semua amal ibadah keturunan Nabi Adam untuknya kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untukku dan aku yg akan membalasnya"
Ada yg senada dg Hadits diatas, 
الصيام لي وانا اجزي به
Memahami Hadits ini al-Hafidz Ibnu Hajar mengemukakan 10 pandangan. Tetapi yg pokok ada 4 yaitu:
1. Puasa tdk akan jatuh disebabkan perbuatan riya' karena dilakukan semata2 utk Allah, tdk spt ibadah lain yg mudah dimasuki riya'.
2. Allah akan mengkhususkan kadar pahala puasa dan kelipatan kebaikan2nya.
3. Ibadah yg paling dicintai Allah adalah puasa.
4. Penyandaran ibadah kepada Allah menunjukkan keagungan ibadah tsb.

Ladang pahala terhampar luas di depan kita. Bisakah kita menyemai amal ibadah di bulan Ramadhan utk kita petik buah pahalanya di akhirat kelak. Lorong waktu tdk bisa diputar ulang. Syair dibawah ini patut kita renungkan, ada yg mengatakan Syair Imam Syafi'i
بادر الفرصة واحذر فوتها#فبلوغ العز في نيل الفرص
"Gunakan kesempatan, hati2 akan kehilangan kesempatan. Tercapainya kemulyaan tergantung kemampuannya dlm memanfaatkan kesempatan".

#Selamat merengkuh pahala yg berlipat ganda
Ungaran, 21/05/ 2018

Masjid Jami Al Qodar

Author & Editor

Masjid Jami Al Qodar , Jl. Bukit Bougenville Raya, Perumnas Bukit Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, KOTA SEMARANG 50272 .

0 comments:

Post a Comment

 
biz.