Friday, June 29, 2018

MUROJAAH HADITS Jumat Ketiga Syawal 1439 H

156.  Sebaik-baik manusia adalah generasiku ( para sahabat ) kemudian generasi berikutnya (tabi’in) kemudian generasi berikutnya ( tabiu’t tabi’in ). (HR. Bukhari)

 

157.  Istri yang paling baik adalah yang membahagiakanmu bila kamu memandangnya, yang mematuhimu bila kamu menyuruhnya. (HR. Nasai).

 

158.  Shaf (barisan sholat) terbaik bagi laki-laki ialah yang paling depan, dan yang terburuk ialah yang paling belakang. Sedangkan shaf terbaik bagi wanita ialah yang paling belakang, sedangkan yang terburuk ialah yang paling depan. (HR. Muslim).

 

159.  Sebaik-baik perkara yg ditinggalkan oleh seorang laki-laki sepeninggalnya ada tiga; anak shalih yg mendoakannya, sedekah jariyah yg pahalanya sampai kepadanya serta ilmu yg diamalkan oleh orang sepeninggalnya. (HR. Ibnu Majah).

 

160.  Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik hubungannya terhadap keluarganya. Dan akulah yang paling baik di antara kalian dalam bermuamalah (bergaul) dengan keluargaku. (HR. Tirmidzi).

(Dinukil dari Kitab Kurikulum Hafalan 400 hadits PP Alburuj)

Friday, June 22, 2018

MUROJAAH HADITS Jumat Kedua Syawal 1439 H


151.  Malu dan iman itu bergandengan bersama, bila salah satunya di angkat maka yang lainpun akan terangkat. (HR. Hakim).


152.  Tampillah berbeda dengan orang musyrik. Potonglah kumis dan biarkanlah jenggot. (HR. Muslim)

153.  Sebaik-baik pemimpin kalian adalah mereka yang mencintai kalian dan kalian yang mencintai mereka, mereka mendoakan kalian dan kalian mendoakan mereka. (HR. Muslim).

154.  Sebaik-baik obat adalah Al-Qur’an. (HR. Ibnu Majah).

155.  Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia yang lain. (HR. Tirmidzi).

(Dinukil dari Kitab Kurikulum Hafalan 400 hadits PP Alburuj)

Monday, June 18, 2018

Masjid Islamic Center Tanjung Tabalong Kalimantan Selatan

Tabalong adalah salah satu kabupaten di propinsi Kalimantan Selatan. Secara geografis Kabupaten Tabalong merupakan wilayah propinsi Kalimantan selatan paling utara yang berbatasan dengan propinsi Kalimantan timur dan Kalimantan tengah. Bagian utara Kabupten ini merupakan daerah tinggi yang bergunung-gunung, terusan dari pegunungan Meratus, sedangkan bagian selatan lebih rendah dan datar, serta sebagian berawa. Kabupaten Tabalong cukup kaya dengan hasil alam, seperti perkebunan karet, buah-buahan musiman, serta pertambangan. Bahkan dulu Tabalong terkenal dengan tambang minyak buminya di daerah Murung Pudak.


Tabalong juga terkenal dengan hutannya yang rindang dan membentang. Dilahan diantara rindangnya hutan tersebut berdiri bangunan Islamic Center Tabalong. Masjid Al-Abrar merupakan ikon dari komplek Islamic Center ini. Bangunan masjid megah dengan arsitektur Modern. Islamic Center Tabalong dibangun di atas lahan milik pemerintah Kabupaten Tabalong, namun keseluruhan pembangunan komplek ini didanai oleh PT Adaro Energy Tbk, salah satu perusahaan tambang batu bara yang beroperasi di kabupaten Tabalong.

Lokasi :
Masjid Raya Al-Abrar & Tabalong Islamic Center
Jl. Ahmad Yani, Tanjung, Kecamatan Murung Pudak,
Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan




Pembangunan komplek Islamic Center ini selesai pada tahun 2012 dan menghabiskan dana sekitar 52 milyar rupiah. Garibaldi Thohir, selaku pimpinan perusahaan Adaro menyatakan bahwa pembangunan masjid dan Islamic center tersebut karena di Tabalong yang masyarakatnya mayoritas muslim namun masjid disana kecil kecil. Masyarakat Tabalong mayoritas bersuku Banjar sangat kental Ke-Islamannya. Pembangunan Islamic Center tersebut merupakan bagian dari program CSR (Coorporate Social Responsibility) Adaro Group.

Rancangan masjid ini memang cukup unik. Kubah masjid yang terbalik sehingga mirip dengan mangkuk terbuka ternyata hal itu mempunyai simbol apabila itu simbol kedua tangan yang lagi menadah dan sedang berdoa kepada Allah SWT. Bukan hanya itu saja, tulisan Kaligrafi islam yang terlihat indah menghiasi semua dinding bangunan, ornamen motif geometris menjadi ciri khas pada setiap bangunannya.




Keseluruhan komplek Islamic Center ini berdiri di atas lahan seluas 5 hektar. Masjid Al-Abrar dibangun dua lantai dan mampu menampung hingga 3500 jemaah. Selain itu juga memiliki plaza seluas 1500m2 yang dapat digunakan sebagai sarana praktik ibadah haji lengkap dengan maket bangunan ka’bah, ruang perkantoran, perpustakaan, pelatihan dan ruang serbaguna.

Komplek Islamic Center ini juga dilengkapi dengan 2 gedung komersial dengan luas masing-masing masing 600 m2, Gedung Auditorium di dalam kawasan komplek Tabalong Islamic Center didesain dengan mengusung tema rumah tradisional Banjar seluas 1300 m2 dan dapat memuat sampai 700 orang, gedung ini dapat dimanfaatkan untuk area pertemuan, resepsi, training, dan sebagainya.

<<<<< Video >>>>>


Friday, June 15, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Lebaran 1439 H


Menghafal Hadits Edisi Lebaran 1439 H

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

146. حَسِّنُوا الْقُرْآنَ بِأَصْوَاتِكُمْ فَإِنَّ الصَّوْتَ الْحَسَنَ يَزِيدُ الْقُرْآنَ حُسْنًا(رواه البخاري).

147. حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ خَمْسٌ رَدُّ السَّلَامِ وَعِيَادَةُ الْمَرِيضِ وَاتِّبَاعُ الْجَنَائِزِ وَإِجَابَةُ الدَّعْوَةِ وَتَشْمِيتُ الْعَاطِسِ (رواه البخاري).

148. الْحَلَالُ بَيِّنٌ وَالْحَرَامُ بَيِّنٌ وَبَيْنَهُمَا أُمُورٌ مُشْتَبِهَةٌ (رواه البخاري).

149. الْحَلِفُ مَنْفَقَةٌ لِلسِّلْعَةِ مَمْحَقَةٌ لِلرِّبْحِ (رواه البخاري).

150. الْحَيَاءُ لَا يَأْتِي إِلَّا بِخَيْرٍ (رواه مسلم)


146. "Baguskan (bacaan) al-Qur’an dengan suaramu maka sesungguhnya suara yang bagus akan menambah keindahan Al-Qur’an. (HR. Bukhari).

147. Hak muslim atas muslim yang lain ada lima, menjawab ucapan salam, menjenguk orang sakit, mengantar jenazah, memenuhi undangan dan mendoakan orang yang bersin. (HR. Bukhari)

148. Yang halal sudah nyata, yang haram sudah nyata dan antara keduanya beberapa perkara yang diragukan atau syubhat. (HR. Bukhari).

149. Sumpah itu penyebab larisnya barang dagangan, tetapi menghapuskan keberkahannya dalam keuntungan (jual beli). (HR. Bukhari)

150. Rasa malu itu tidak datang melainkan dengan membawa kebaikan. (HR. Muslim).

Thursday, June 14, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Dua Puluh Sembilan


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 29

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

141. ثَلَاثٌ جِدُّهُنَّ جِدٌّ وَهَزْلُهُنَّ جِدٌّ : النِّكَاحُ وَالطَّلَاقُ وَالرَّجْعَةُ. ( رواه مسلم)

142. ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَاشَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ (الترمذي)

143. ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ (رواه احمد)

144. ثَلَاثَةٌ لَا يَنْظُرُ اللَّهُ إِلَيْهِمْ يَوْمَ الْقِيَامَة: الْعَاقُّ لِوَالِدَيْهِ، وَالْمَرْأَةُ الْمُتَرَجِّلَةُ، وَالدَّيُّوثُ (رواه النسائي)

145. الْجَاهِرُ بِالْقُرْآنِ كَالْجَاهِرِ بِالصَّدَقَةِ ، وَالْمُسِرُّ بِالْقُرْآنِ كَالْمُسِرِّ بِالصَّدَقَةِ. (رواه الترمذي)

141. Tiga perkara yang serius dan bercandanya sama-sama dianggap serius, yaitu : (1) nikah, (2)talak, dan (3) rujuk. (HR. Muslim).

142. Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizholimi, doa orang yang bepergian (safar) dan doa baik orang tua pada anaknya. (HR. Tirmidzi)

143. Tiga doa yang tidak tertolak: Doa pemimpin yang adil, orang yang puasa hingga berbuka, dan doa orang yang dizhalimi. (HR. Ahmad).

144. Tiga golongan manusia yang Allah tidak akan melihat mereka pada hari kiamat, yaitu orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, wanita yang menyerupai laki-laki, dan dayyuts (orang yang tidak memiliki kecemburuan kepada keluarganya saat bermaksiat). (HR. Nasai)

145. Orang yang mengeraskan bacaan Al Qur’an sama halnya dengan orang yang terang-terangan dalam bersedekah. Orang yang melirihkan bacaan Al Qur’an sama halnya dengan orang yang sembunyi-sembunyi dalam bersedekah. (HR. Tirmidzi)

Wednesday, June 13, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Dua Puluh Delapan


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 28

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

136. تَزَوَّجُوا اَلْوَدُودَ اَلْوَلُودَ فإِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمُ اَلْأَنْبِيَاءَ يَوْمَ اَلْقِيَامَةِ. (رواه احمد)

137. تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً (رواه البخاري).

138. تُعْرَضُ الْأَعْمَالُ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ (رواه الترمذي)

139. تَعِسَ عَبْدُ الدِّينَارِ تَعِسَ عَبْدُ الدِّرْهَمِ تَعِسَ عَبْدُ الْخَمِيصَةِ تَعِسَ عَبْدُ الْخَمِيْلَةِ (رواه البخاري)

140. تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ ( رواه البخاري)

136. Nikahilah perempuan yang subur dan penyayang, sebab dengan jumlahmu yang banyak aku akan berbangga di hadapan para Nabi pada hari kiamat. (HR. Ahmad).

137. Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam makan sahur tersebut terdapat barokah. (HR. Bukhari).

138. Semua amal di angkat pada setiap hari senin dan kamis, maka aku menyukai jika ketika amalanku di angkat aku dalam keadaan berpuasa. (HR. Tirmidzi)

139. Celakalah orang yang diperbudak dinar (uang emas), celakalah orang yang diperbudak dirham (uang perak), celakalah orang yang diperbudak khamishah (pakaian yang cantik) dan celakalah orang yang diperbudak khamilah (ranjang yang empuk). (HR. Bukhari)

140. Perempuan itu dinikahi karena empat faktor, hartanya, nama baik keluarganya, cantiknya dan agamanya. Pilihlah wanita yang baik agamanya. Jika tidak, maka engkau akan sengsara. (HR Bukhari).

Tuesday, June 12, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Dua Puluh Tujuh


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 27

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

131. التَّأَنيِّ مِنَ اللهِ وَ العُجْلَةُ مِنَ الشَّيْطَانِ (رواه البيهقي)

132. التَّائِبُ مِنَ الذَّنْبِ كَمَنْ لاَ ذَنْبَ لَهُ (رواه ابن ماجه).

133. التَّحَدُّثُ بِنِعْمَةِ اللهِ شُكْرٌ وَتَرْكُهَا كُفْرٌ. (رواه احمد)

134. تَدَاوَوْا فَإِنَّ اللَّهَ لَمْ يَضَعْ دَاءً إِلَّا وَضَعَ لَهُ دَوَاءً غَيْرَ دَاءٍ وَاحِدٍ الْهَرَمُ (رواه أبو داود).

135. تُدْنَى الشَّمْسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنَ الْخَلْقِ حَتَّى تَكُونَ مِنْهُمْ كَمِقْدَارِ مِيلٍ (رواه مسلم)

131. Sikap pelan (sabar) berasal dari Allah. Sedangkan sikap tergesa-gesa itu berasal dari syetan. (HR. Baihaqi).

132. Orang yang bertaubat dari sebuah dosa maka dia seperti orang yang tidak punya dosa. (HR.Ibnu Majah).

133. Membicarakan nikmat Allah termasuk syukur, sedangkan meninggalkannya merupakan perbuatan kufur. (HR. Ahmad).

134. Berobatlah kalian, sesungguhnya Allah tidak meletakkan penyakit kecuali meletakkan pula obatnya, kecuali satu penyakit, yaitu pikun” (HR. Abu Dawud)

135. Matahari akan didekatkan pada makhluk pada hari kiamat nanti hingga mencapai jarak sekitar satu mil. (HR. Muslim).

Monday, June 11, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Dua Puluh Enam


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 26

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

126. الْبِرُّ حُسْنُ الْخُلُقِ وَالإِثْمُ مَا حَاكَ فِى نَفْسِكَ وَكَرِهْتَ أَنْ يَطَّلِعَ عَلَيْهِ النَّاسُ (رواه مسلم)

127. الْبَرَكَةُ مَعَ أَكَابِرِكُمْ (رواه الطبراني)

128. بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ صَالِحَ الْأَخْلاَقِ . (رواه الحكيم)
129. بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً (رواه البخاري).

130. بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ (رواه البخاري).

126. Kebaikan adalah dengan berakhlak yang mulia. Sedangkan kejelekan (dosa) adalah sesuatu yang menggelisahkan jiwa. Ketika kejelekan tersebut dilakukan, tentu engkau tidak suka hal itu nampak di tengah-tengah manusia. (HR. Muslim).

127. Berkah itu bersama orang-orang tua. (HR. Thabrani).

128. Aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia. [HR. Hakim).

129. Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat. (HR. Bukhari)

130. Islam itu dibangun di atas lima hal yakni syahadah Tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad itu adalah Rasulullah, melaksanakan shalat, membayar zakat, haji dan shaum Ramadlan. (HR. Bukhari).

Sunday, June 10, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Dua Puluh Lima


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 25

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

121. أَيُّمَا رَجُلٍ يَدِينُ دَيْنًا وَهُوَ مُجْمِعٌ أَنْ لَا يُوَفِّيَهُ إِيَّاهُ لَقِيَ اللَّهَ سَارِقًا (رواه ابن ماجه)

122. الإِيمَانُ بِضْعٌ وَسَبْعُونَ أَوْ بِضْعٌ وَسِتُّونَ شُعْبَةً فَأَفْضَلُهَا قَوْلُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَدْنَاهَا إِمَاطَةُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيقِ ( رواه مسلم)

123. بَابَانِ مُعَجَّلاَنِ عُقُوْبَتُهُمَا فِى الدُّنْيَا الْبَغْيُ وَالعُقُوْقُ (رواه الحاكم).

124. بِحَسْبِ امْرِئٍ مِنَ الشَّرِّ أَنْ يَحْقِرَ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ. (رواه مسلم)

125. بَدَأَ الْإِسْلَامُ غَرِيْبًا وَسَيَعُوْدُ كَمَا بَدَأَ غَرِيْبًا فَطُوْبَى لِلْغُرَبَاءِ الَّذِيْنَ يُصْلِحُوْنَ مَا أَفْسَدَ النَّاسُ مِنْ بَعْدِيْ مِنْ سُنَّتِيْ (رواه مسلم)

121. Siapa saja yang berhutang lalu berniat tidak mau melunasinya, maka dia akan bertemu Allah (pada hari kiamat) dalam status sebagai pencuri. (HR. Ibnu Majah)

122. Iman itu mempunyai 71 cabang atau 61 cabang lebih. Cabang yang paling utama adalah ucapan laa Ilaaha Illallah, sedangkan yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan di jalan. (HR. Muslim)

123. Dua perbuatan dosa yang Allah cepatkan azabnya (siksanya) di dunia yaitu berbuat zhalim dan durhaka kepada orang tua. (HR. Hakim).

124. Cukuplah seseorang berbuat keburukan jika dia merendahkan saudaranya sesama muslim. (HR. Muslim)

125. Islam mulanya dianggap aneh (asing) dan akan kembali dianggap asing seperti semula. Maka kabar gembira yang besar bagi orang-orang yang dianggap aneh (asing), yaitu, orang-orang yang memperbaiki (menjalankan dengan baik) perkara-perkara sunahku yang telah dirusak orang-orang setelahku. (HR. Muslim)

Saturday, June 9, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Dua Puluh Empat


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 24

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

116. إِيَّاكُمْ وَالطَّمَعَ ، فَإِنَّهُ الْفَقْرُ الْحَاضِرُ (رواه الطبراني)

117. إِيَّاكُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الْحَدِيثِ (رواه البخاري).

118. آيَةُ المُنَافِقِ ثَلاثَةٌ وَإِنْ صَامَ وَصَلَّى وَزَعَمَ أَنَّهُ مُسْلِمٌ، إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا ائْتُمِنَ خَانَ (رواه البخاري)

119. أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ إِذا صَلَّى أَنْ يَتَقَدَّمَ، أَوْ يَتَأَخَّرَ، أَوْ عَنْ يَمِينِهِ، أَوْ عَنْ شِمَالِهِ فِي الصَّلَاةِ. (رواه ابو داود)

120. أَيُّمَا امْرَأَةٍ سَأَلَتْ زَوْجَهَا طَلاَقًا مِنْ غَيْرِ بَأْسٍ فَحَرَامٌ عَلَيْهَا رَائِحَةُ الَجنَّةِ. (رواه احمد)

116. Jauhilah oleh kalian sifat thama’/rakus, karena ketamakan dan kerakusan itu merupakan kefakiran yang nyata. (HR. Thabrani).

117. Jauhilah berprasangka, karena prasangka adalah seburuk-buruknya perkataan. (HR. Bukhari).

118. Tanda-tanda orang munafiq ada tiga: Meskipun dia shalat dan puasa serta mengaku dirinya muslim, Jika berbicara berdusta, bila berjanji tidak menepati janjinya, dan apabila diberi amanah mengkhianatinya. (HR. Bukhori).

119. Apakah kalian kesulitan untuk maju atau mundur, atau geser (dari posisi sholat fardhu) ke kanan atau ke kiri ketika shalat (sunah). (HR. Abu Daud).

120. Semua wanita yang minta cerai (gugat cerai) kepada suaminya tanpa alasan, maka haram baginya aroma surga. (HR. Ahmad).

Friday, June 8, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Dua Puluh Tiga


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 23

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

111. أَوْثَقُ عُرَي الإِيْمَانِ المُوَالاَةُ فِي اللهِ وَ المُعَادَاةُ فِي اللهِ وَ الحُبُّ فِي اللهِ وَ البُغْضُ فِي اللهِ (رواه الطبراني)

112. أَوَّلُ مَا يُرْفَعُ مِنْ هَذِهِ اْلأُمَّةِ اَلْخُشُوعُ حَتَّى لاَ تَرَى فِيهَا رَجُلاً خَاشِعًا (رواه الطبراني)

113. إِيَّاكُمْ وَ الغُلُوَّ فِي الدِّيْنِ فَإِنَّمَا هَلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ بِالْغُلُوِّ فِي الدِّيْنِ (رواه الحاكم).

114. إِيَّاكُمْ وَالحَسَدَ ، فَإِنَّ الحَسَدَ يَأْكُلُ الحَسَنَاتِ كَمَا تَأْكُلُ النَّارُ الحَطَبَ.(رواه أبو داود)

115. إِيَّاكُمْ وَالدَّيْنَ فَإِنَّهُ هَمٌّ بِاللَّيْلِ وَمَذَلَّةٌ بِالنَّهَار (رواه البيهقي)

111. Ikatan keimanan yang paling kuat adalah perwalian (loyalitas) karena Allah dan permusuhan karena Allah, mencintai karena Allah dan membenci karena Allah. (HR. Thabrani).

112. Yang pertama kali diangkat dari umatku adalah khusyu’, sehingga engkau tidak akan melihat orang yang khusyu. (HR. Thabrani).

113. Berhati-hatilah kamu terhadap tindakan ghuluw (melampaui batas) di dalam agama, karena sesungguhnya yang membinasakan orang-orang sebelum kamu adalah tindakan ghuluw di dalam agama. (HR. Hakim).

114. Hati-hati kalian dari sifat dengki, karena dengki itu memakan kebaikan sebagaimana api melalap kayu bakar. (HR. Abu Daud).

115. Berhati-hatilah dalam berhutang, sesungguhnya berutang itu suatu kesedihan pada malam hari dan kehinaan pada siang hari (HR. Baihaqi).

Thursday, June 7, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Dua Puluh Dua


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 22

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

106. إنَّمَا الأَعْمَالُ بِالخَـوَاتِيْمُ (رواه البخاري).

107. إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى (رواه مسلم)

108. إِنَّمَا الصَّبْرُ عِنْدَ الصَّدْمَةِ الأُوْلَى (رواه البخاري).

109. إِنِّى نُهِيتُ أَنْ أَقْرَأَ الْقُرْآنَ رَاكِعًا أَوْ سَاجِدًا فَأَمَّا الرُّكُوعُ فَعَظِّمُوا فِيهِ الرَّبَّ وَأَمَّا السُّجُودُ فَاجْتَهِدُوا فِى الدُّعَاءِ (رواه مسلم)

110. أَهْلُ الْجَنَّةِ ثَلَاثَةٌ ذُو سُلْطَانٍ مُقْسِطٌ مُتَصَدِّقٌ مُوَفَّقٌ وَرَجُلٌ رَحِيمٌ رَقِيقُ الْقَلْبِ لِكُلِّ ذِي قُرْبَى وَمُسْلِمٍ وَعَفِيفٌ مُتَعَفِّفٌ ذُوعِيَالٍ. ( رواه مسلم)

106. Sesungguhnya amalan itu (tergantung) dengan sikap saat penutupannya. (HR. Bukhari).

107. Sesungguhnya amal (perbuatan) itu disertai niat, dan sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung dari niat seseorang itu. (HR. Muslim).

108. Sesungguhnya sikap sabar itu terlihat ketika awal ditimpa musibah. (HR. Bukhari)

109. Sesungguhnya aku dilarang untuk membaca Al-Qur`an pada saat ruku’ atau sujud. Adapun saat ruku’, maka agungkanlah di dalamnya (nama) Allah. Adapun di saat sujud, maka bersungguh-sungguhlah dalam memperbanyak doa. (HR. Muslim)

110. Orang-orang ahli surga ada tiga macam: Pemimpin adil nan dermawan yang mendapat taufiq hidayat( dari Allah). Orang yang punya rasa belas kasih nan lunakhati pada sanak kerabat dan orang muslim. Dan orang miskin berkeluarga yang tetap menjaga kesopanan dan kehormatan diri. (HR. Muslim).

Wednesday, June 6, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Dua Puluh Satu


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 21

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

101. أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا وَقَالَ بِإِصْبَعَيْهِ السَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى (رواه البخاري)

102. اُنْصُرْ أَخَاكَ ظَالِمًا أَوْ مَظْلُومًا (رواه البخاري).

103. اُنْظُرُوا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلاَ تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ فَهُوَ أَجْدَرُ (رواه مسلم).

104. إِنَّكُم تُدْعَونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِأَسْمَائِكُم وَأَسْمَاءِ آبَائِكُم فأَحْسِنُوا أَسْمَاءَكُم (رواه أبو داود).

105. إِنَّكُمْ سَتَحْرِصُوْنَ عَلَى الْإِمَارَةِ، وَسَتَكُوْنُ نَدَامَةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ. (رواه البخاري)
101. Aku dan orang yang menyantuni anak yatim berada di surga seperti ini. “Beliau mengisyaratkan dengan kedua jarinya yaitu telunjuk dan jari tengah.” (HR. Bukhari)

102. Tolonglah saudaramu ketika dia berbuat zhalim atau ketika dia dizhalimi. (HR. Bukhari).

103. Pandanglah (ekonomi) orang yang lebih rendah daripada kalian, dan janganlah memandang orang yang di atas kalian. Maka yang demikian itu lebih layak untuk dilakukan. (HR. Muslim)

104. Sesungguhnya kalian akan dipanggil di hari Kiamat dengan nama-nama anak kalian dan dengan nama ayah-ayah kalian. Maka perbaguslah nama kalian. (HR. Abu Dawud).

105. Kalian akan rakus terhadap jabatan, padahal bisa jadi jabatan itu akan menjadi penyesalan di hari kiamat. (HR. Bukhari).

Tuesday, June 5, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Dua Puluh


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 20

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

96. إِنَّ مِنَ النَّاسِ نَاسًا مَفَاتِيْحَ لِلْخَيْرِ وَمَغَالِيْقَ لِلشَّرِّ (رواه ابن ماجه).

97. إِنَّ هَذِهِ الْمِلَّةَ سَتَفْتَرِقُ عَلَى ثَلَاثٍ وَسَبْعِينَ ثِنْتَانِ وَسَبْعُونَ فِي النَّارِ وَوَاحِدَةٌ فِي الْجَنَّةِ وَهِيَ الْجَمَاعَةُ (رواه أحمد)

98. أَنَا خَاتَمُ النَّبِيِّينَ لَا نَبِيَّ بَعْدِي (رواه أبو داود).

99. أَنَا زَعِيْمٌ بِبَيْتٍ فِيْ رَبَضِ الجَنَّة لِمَنْ تَرَكَ المِرَاء وَإِنْ كَان مُحِقّاً وَبِبَيْتٍ فِيْ وَسَطِ الجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الكَذِبَ وَإِنْ كَانَ مَازِحاً (رواه أبو داود)

100. أَنَا سَيِّدُ وَلَدِ آدَمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَأَوَّلُ مَنْ يَنْشَقُّ عَنْهُ الْقَبْرُ وَأَوَّلُ شَافِعٍ وَأَوَّلُ مُشَفَّع. (رواه مسلم)

96. Sesungguhnya di antara manusia ada orang-orang yang keberadaan mereka sebagai pembuka (pintu) kebaikan dan penutup (pintu) kejelekan. (HR. Ibnu Majah)

97. Dan sesungguhnya umat ini akan terpecah menjadi 73 golongan, 72 di antaranya di dalam neraka, dan hanya satu di dalam surga yaitu al-Jama’ah (orang-orang yang Cinta Persatuan karena Allah). (HR. Ahmad).

98. Aku adalah penutup Nabi-Nabi, [artinya] tidak ada lagi Nabi sesudahku. (HR. Abu Dawud)

99. Aku menjamin dengan sebuah istana di bagian tepi surga bagi orang yang meninggalkan debat meskipun ia berada di pihak yang benar, dan sebuah istana di bagian tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta meski ia sedang bercanda. (HR. Abu Daud)

100. Saya pemimpin anak Adam di hari qiyamat, dan orang pertama yang kuburnya terbelah (orang pertama yang dibangkitkan dari kubur), orang yang pertama memberikan syafa’at dan orang yang pertama kali diberi hak untuk memberikan syafa’at oleh Allah. (HR Muslim).

Monday, June 4, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Sembilan Belas


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 19

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

91. إِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ (رواه أبو داود).

92. إِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ أَلاَ وَهِيَ الْقَلْبُ (رواه البخاري)

93. إنَّ لِكُلِّ أُمَّةٍ فِتْنَةً وفِتْنَةُ أُمَّتِي المَالُ (رواه الترمذي)

94. إِنَّ مِمَّا أَخْشَى عَلَيْكُمْ شَهَوَاتِ الْغَيِّ فِي بُطُوْنِكُمْ وَفُرُوْجِكُمْ وَمُضِلَّاتِ الْهَوَى (رواه احمد)

95. إِنَّ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ وَيَثْبُتَ الْجَهْلُ وَيُشْرَبَ الْخَمْرُ وَيَظْهَرَ الزِّنَا (رواه البخاري)

91. Sesungguhnya keutamaan seorang alim yang berilmu dengan seorang abid ahli ibadah seperti terangnya cahaya bulan purnama dengan cahaya bintang-bintang. (HR. Abu Dawud).

92. Sesungguhnya dalam jasad (manusia) ada segumpal daging. Apabila baik, maka baiklah seluruh jasadnya, dan apabila rusak maka rusaklah seluruh jasadnya. Ketahuilah, dia adalah hati. (HR. Bukhari).

93. Sesungguhnya setiap umat memiliki fitnah, sedangkan fitnah ummatku adalah harta. (HR. Tirmidzi).

94. Sesungguhnya di antara yang aku takutkan atas kamu adalah syahwat mengikuti nafsu pada perut kamu dan pada kemaluan kamu serta fitnah-fitnah yang menyesatkan. (HR. Ahmad).

95. Di antara tanda-tanda hari kiamat adalah: sedikitnya ilmu dan tersebarnya kebodohan, diminumnya khamr serta merebaknya perzinaan. (HR. Bukhari)

Sunday, June 3, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Ke Delapan Belas


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 18

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

86. إِنَّ أُمَّتِيْ يُدْعَوْنَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ غُرًّا مُحَجَّلِيْنَ مِنْ آثَارِ الْوُضُوْءِ. (رواه البخاري).

87. إِنَّ أَهْلَ النَّارِ كُلُّ جَعْظَرِيٍّ جَوَّاظٍ مُسْتَكْبِرٍ جَمَّاعٍ مَنَّاعٍ وَأَهْلُ الْجَنَّةِ الضُّعَفَاءُ الْمَغْلُوبُونَ (رواه أحمد)

88. إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلاَتُهُ (رواه الترمذي)

89. أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ نَهَى عَنْ أَكْلِ كُلِّ ذِى نَابٍ مِنَ السِّبَاعِ (رواه البخاري)

90. إنّ عِظَمَ الجَزَاءِ معَ عِظَمِ البلاء ، وإنّ اللهَ إذا أحَبَّ قَوْمًا اِبْتَلاهُمْ (رواه الترمذي)

86. Sungguh ummatku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan berseri nan bercahaya karena bekas air wudhu’nya. (HR. Bukhari).

87. Sesungguhnya penduduk neraka adalah semua orang yang kasar lagi galak, keras kepala, sombong, dan rakus serta kikir. Adapun penduduk surga adalah orang-orang yang lemah dan terpinggirkan". (HR. Ahmad).

88. Amal pertama kali dihisab dari seorang hamba di hari kiamat adalah shalat. (HR. Tirmidzi).

89. Rasulullah melarang memakan semua binatang buas yang mempunyai taring. (HR. Bukhari).

90. Sesungguhnya besarnya pahala tergantung pada besarnya cobaan. Jika Allah mencintai suatu kaum maka Dia akan mengujinya dengan cobaan. (HR. Tirmidzi).

Saturday, June 2, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Tujuh Belas


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 17

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

81. إِنَّ اللهَ يَبْعَثُ لِهَذِهِ الأُمَّةِ عَلَى رَأْسِ كُلِّ مِائَةِ سَنَةٍ مَنْ يُجَدِّدُ لَهَا دِيْنَهَا (رواه أبو داود).

82. إِنَّ اللهَ يُحِبُّ إِذَا عَمِلَ أَحَدُكُمُ عَمَلاً اَنْ يُتْقِـنَهُ (رواه البيهقى)

83. إنّ اللهَ يُحِبُّ أَنْ يَرَى أَثَرَ نِعْمَتِهِ على عَبْدِهِ (رواه الترمذي)

84. إِنَّ النَّاسَ إِذَا رَأَوْا الْمُنْكَرَ فَلَمْ يُغِّيِرُوْهُ، أَوْشَكَ أَنْ يَعُمَّهُمُ اللَّهُ بِعِقَابِهِ. (رواه أحمد)

85. أَنَّ النَّصْرَ مَعَ الصَّبْرِ وَالْفَرَجَ مَعَ الْكَرْبِ وَأَنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (رواه الطبراني)

81. Sesungguhnya Allah mengutus untuk umat ini di setiap pengujung seratus tahun seorang yang membawa (semangat) pembaharuan agamanya. (HR. Abu Dawud).

82. Sesungguhnya Allah mencintai jika seorang dari kalian bekerja, maka ia itqon (profesional) dalam pekerjaannya. (HR. Baihaqi).

83. Sesungguhnya Allah suka melihat (tampaknya) bekas nikmat (yang dilimpahkan) kepada hamba-Nya. (HR. Tirmidzi).

84. Jika manusia melihat kemungkaran tapi mereka tidak mau merubahnya maka Allah akan meliputi mereka semua dengan siksanya. (HR. Ahmad).

85. Sesungguhnya pertolongan (kemenangan) disertai dengan kesabaran, kelonggaran itu disertai dengan kesusahan, dan bersama kesulitan ada kemudahan. (HR. Thabrani).

Friday, June 1, 2018

Menghafal Hadits Ramadhan 1439 H di Hari Enam Belas


Menghafal Hadits di Ramadhan: Hari 16

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :

76. إِنَّ اللهَ رَفِيْقٌ يُحِبُّ الرِّفْقَ وَيُعْطِي عَلَى الرِّفْقِ مَا لاَ يُعْطِي عَلَى الْعُنْفِ (رواه مسلم)

77. إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّبًا (رواه مسلم).

78. إِنَّ اللَّهَ كَرِهَ لَكُمْ ثَلاَثًا: قِيلَ وَقَالَ، وَإِضَاعَةَ المَالِ، وَكَثْرَةَ السُّؤَالِ.(رواه البخاري)

79. إِنَّ اللَّهَ لَا يَقْبِضُ الْعِلْمَ انْتِزَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنَ الْعِبَادِ وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَمَاءِ (رواه البخاري).

80. إِنَّ اللَّهَ لَيَعْجَبُ مِنَ الشَّابِّ لَيْسَتْ لَهُ صَبْوَةٌ (رواه أحمد)

76. Sesungguhnya Allah itu Maha Lembut dan menyukai kelembutan, dan Dia memberikan pada kelembutan apa yang tidak Dia berikan pada kekasaran. (HR. Bukhari).

77. Sesungguhnya Allah itu Maha baik, dan tidak menerima amal kecuali yang baik-baik. (HR. Muslim)

78. Sesungguhnya Allah membenci atas kalian tiga perkara; mengatakan sesuatu yg tak jelas sumbernya, menyia-nyiakan harta & banyak bertanya. (HR. Bukhari).

79. Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu dengan serta merta mencabutnya dari hati manusia. Akan tetapi Allah mencabut ilmu dengan cara mewafatkan para ulama. (HR. Bukhari).

80. Sesungguhnya Allah benar-benar kagum terhadap seorang pemuda yang tidak memliki shabwah (sifat kekanak-kanakan). (HR. Ahmad)..

 
biz.