Saturday, May 9, 2020

Reschedule kembali bantuan ke-2 kepada warga yang kena dampak Covid19.

Semarang (Alqodar)  Pelaksanaan kegiatan pengumpulan dan pendistribusian ZIS (Zakat Infaq dan sodaqoh) yang diselenggarakan oleh UPZ (unit pengumpul zakat) dan Takmir Masjid AlQodar Sendang Mulyo dievaluasi kembali. Setelah sukses penyaluran tahap ke 1 pada tanggal 19 April 2020 yang lalu. Maka bersama Dewan Pengawas, Dewan Pembina,  Takmir dan UPZ alQodar disampaikan Rencana tahap ke -2 pendistribusian bantuan ekonomi kepada warga sekitar perumnas Bukit Sendang Mulyo adalah semula rencana awal  tanggal 17 Mei 2020, diundur menjadi tanggal 22 Mei 2020. Pertimbangan ini salah satu nya adalah pengumpulan ZIS tersebut mendekati akhir romadhon tahun ini , sehingga biar sekalian bersama - sama di distribusikan serentak zakat yang terkumpul dan efesien dalam penyaluran nya sesuai protab kesehatan (menghindari kerumunan masa) dan pencegahan wabah covid 19. "Penyaluran bantuan ini bisa lebih bertambah karena berbarengan zakat yang terkumpul pada bulan romadon saat ini, seperti diketahui tahap ke-1 sudah terdistribusikan sudah 260 paket bantuan ekonomi atau sembako kepada warga yang membutuhkan di pandemi korona ini. Insha Alloh, tahap ke-2 akan lebih banyak lagi", ujar Sabar Waluyo, ketua UPZ AlQodar. 
Himbauan secara diumum telah disampaikan oleh KH. Ali Hamdan, ketua Takmir Masjid AlQodar agar para jamaah yang sudah siap berzakat bisa segera disampaikan zakat nya kepada UPZ AlQodar dan jika ada infak khusus atau sodaqoh khusus bisa di sampaikan kepada para Amil UPZ dengan doa dan niat yang bisa didoakan bersama -sama dengan Para Amil Zakat UPZ.  Seperti telah disampaikan Ustaz Kemas Yustiar," jika ada infaq khusus atau sodaqoh khusus maka niat dan doa nya akan dibimbing dan dicatat tersendiri di UPZ , lain dengan zakat", ujar Beliau.
"Semisal menyampaikan infak kepada almarhum atau almarhumah orangtua yang sudah meninggal dari para Muzaki, tentunya niat dan doa nya berbeda dengan zakat, karena zakat untuk muslimin atau muslimat yang masih hidup sekarang. ". Tambah nya. Dari sisi ilmu ekonomi  disampaikan oleh Dr.E.Caroline,SE, MSi. "Penyaluran zakat infaq dan sodaqoh yang tepat kepada warga yang membutuhkan, tentunya memberikan dampak signifikan akan kemampuan bertahan atas himpitan ekonomi akibat pandemi wabah Corona ini, saling gotong royong dan peduli, tentunya menambahkan rasa empati dan sekaligus dapat membantu memenuhi kebutuhan hidup sementara waktu ditengah pandemi ini.". Ujarnya.

Masjid Jami Al Qodar

Author & Editor

Masjid Jami Al Qodar , Jl. Bukit Bougenville Raya, Perumnas Bukit Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, KOTA SEMARANG 50272 .

0 comments:

Post a Comment

 
biz.