Sunday, February 21, 2021

Sibat PMI - LPMK Sendang Mulyo gelar warung Masker Gratis dan aksi humanis di depan Masjid Al Qodar


Semarang (Alqodar) Minggu ( 21/02 2021) gerakan bersama LPMK dan Sibat PMI Sendangmulyo mengadakan kegiatan aksi humanis berupa warung gratis masker kepada pengunjung pasar kremyeng di depan gapura Masjid Al Qodar Semarang. Gerakan ini merupakan salah satu program pengadaan APD dari Sibat Sendangmulyo kerja bareng dengan LPMK Sendangmulyo Semarang. Sibat adalah organisasi sosial dibawah koordinasi PMI (Palang Merah Indonesia) yang didirikan guna mendukung gerakan hidup sehat selama pandemi corona berlangsung. Dan Sibat (siaga bencana berbasis masyarakat) dibentuk di tingkat kelurahan yang berzona merah di pandemi saat. Sosialisasi humanis diterapkan guna menekan penularan virus covid19 di area publik, terutama pasar tradisional yang merupakan tempat berkerumun banyak orang. Potensi penularan tinggi dan rawan. Penting sekali kegiatan sosialisasi ini juga menganjurkan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan), sekaligus menyadarkan orang dengan bermasker ketika keluar rumah . Pengunjung yang tidak memakai masker segera di data dan diberikan masker gratis, sekaligus diberikan arahan dan anjuran kesehatan atas perlu kehati-hatian terhadap pandemi covid19. "Pasar pasar tradisional , bunderan tulus harapan ,  depan kelurahan , serta tempat yang banyak pengunjung akan kami adakan kegiatan ini warung gratis masker, semoga aksi sosial ini bisa menyadarkan masyakarat menggunakan masker, semoga bisa menurunkan  penderita covid dan pandemi segera hilang",ujar Suwito lurah Sendang Mulyo. 


"Secara langsung pemerintah kelurahan dan LPMK serta lembaga sosial lainnya turut aktif bergerak memberikan sosialisasi dan memberikan anjuran agar masyarakat juga peduli bersama bahwa pandemi corona belum reda dan masih dibutuhkan kehati-hatian dalam berkegiatan di area publik", Ujar H.Isdiyanto ketua LPMK Sendangmulyo.

Bertempat di halaman Masjid Jami Al Qodar, didirikan warung gratis masker ini. "Alhamdulillah , pengunjung pasar ini hanya sedikit sekali yang tidak pakai masker pada waktu kami kami sidak dengan para pengurus LPMK, sehingga stok masker yang kami punya masih banyak , sehingga bisa dibagikan gratis kembali kepada pengunjung yang ingin memiliki lagi masker buat cadangan di rumah ", ujar Yusup Efendi ketua Sibat Sendangmulyo.



Saturday, February 6, 2021

Aksi sosial Mahasiswa Fakultas Hukum USM di Masjid Jami Al Qodar


Semarang (Alqodar) Hari ini (06/02/2021) Berkaitan dengan kegiatan sosial yang melibatkan mahasiswa mahasiswi di kampus USM telah dilaksanakan di lingkungan masyarakat Sendangmulyo tepat nya di lingkungan Masjid Jami Al Qodar.  Amira salah satunya, mahasiswi kampus USM fakultas hukum semester 7 ini beserta rekan rekan melangsungkan giat sosial dalam rangka KKN di masyarakat dengan mensosialisasikan pemakaian masker dan bagi masker gratis serta giat lainnya.  Kegiatan ini merupakan aksi dalam rangka mendukung kegiatan KKN di kampus nya. "Kami mendorong pemakaian masker ini dengan langkah yang real dari door to door , dan saat ini berada di sarana tempat ibadah Masjid Jami Al Qodar, agar Jamaah peduli pakai masker bersih", ujar nya sambil membagikan masker gratis.  Program sosial yang lain juga kami lakukan, salah satu nya juga sosialisasi atas peraturan hukum atas KDRT di rumah tangga . Sementara akibat masa pandemi yang masih berlangsung maka akan banyak dijumpai tingkat kekerasan baik di dalam rumah tangga maupun di lingkungan. Untuk itu perlu sosialisasi agar bersama pasti mudah melewati masalah masalah agar tidak ada KDRT. Program ini juga menyampaikan agar orang tua peduli akan bahaya gadget  terhadap anak jika digunakan secara berlebihan . Giat sosial peduli anak terhadap bahaya kecanduan gadget lebih fokus dengan pembatasan waktu bermain dan belajar online saat ini. Tambahnya.

 
biz.